Gubernur Sumut Bawa Tanah Deli dan Pohon Kemiri ke IKN, Apa Maknanya?

Selasa 15-03-2022,07:40 WIB
Reporter : Iing Casdirin
Editor : Iing Casdirin

Radarcirebon.id, KALIMANTAN TIMUR – Apa yang dibawa Guberur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur?

Edy Rahmayadi selain membawa satu liter air dan dua kilogram tanah Deli,  juga membawa pohon Kemiri Toba. Pohon kemiri tersebut akan ditanam di IKN.

Edy Rahmayadi menjelaskan pohon Kemiri Toba  ini menunjukkan salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Selain dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, Kemiri Toba juga memiliki nilai ekonomis tinggi.

\"Bahkan Kemiri Toba ini juga menjadi salah satu komoditas rempah yang diekspor Indonesia ke berbagai negara di dunia,\" ujar Edy Rahmayadi.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi gubernur pertama yang menyerahkan tanah dan air dari Jakarta untuk IKN Nusantara, dan diakhiri oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Sementara Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyerahkan air tanah keramat yang dikumpulkan dari seluruh wilayah di Jawa Barat, termasuk dari Cirebon.

2

Harapannya, dukungan dari kepala daerah se-Indonesia tersebut dapat menjadi modal besar dalam menyukseskan pembangunan IKN Nusantara.  (ing)

Tags :
Kategori :

Terkait