Catat, Tanggal Berapa Malam Nisfu Syaban 2022?

Rabu 16-03-2022,13:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - Bulan Ramadan akan dimulai pada 2 April 2022. Jelang Ramadan, umat islam melalui bulan Syaban dimulai pada Jumat, 4 Maret 2022.

Malam Nisfu Syaban diperingati setiap malam ke -15 bulan Syaban.

Nisfu Sya’ban seringkali diperingati oleh umat Islam untuk beribadah sepanjang malam. Terdapat amalan-amalan sunnah yang bisa dikerjakan, seperti shalat sunnah, membaca surah, dan membaca doa.

Malam Nisfu Syaban 2022 akan jatuh pada 18 Maret 2022 setelah Maghrib. Bulan Syaban berada di antara bulan Rajab dan bulan Ramadan.

BACA JUGA:

Karena berada di antara dua bulan mulia, Syaban kerap diabaikan. Padahal dalam bahasa Arab, \'syaban\' berasal dari syiab yang berarti jalan di atas gunung.

Dalam tradisi Islam, Syaban kemudian dijadikan waktu untuk menemukan banyak jalan untuk mencapai kebaikan. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda barang siapa yang memberitahukan berita datangya bulan Syaban kepada yang lain, maka haram api neraka untuknya.

2

Astronom Amatir Indonesia Marufin Sudibyo menjelaskan, nisfu Sya’ban mempunyai makna pertengahan bulan Sya’ban. “Namun secara harfiah merujuk pada tanggal 15 Sya’ban,” ujar Marufin s, Selasa, 15 Maret 2022.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait