Mengubah Sampah Menjadi Berkah di Desa Kamarang

Senin 28-03-2022,10:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON-Program mengubah sampah menjadi berkah mengunjungi Desa Kamarang, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, Jumat (25/3). Semangat mengelola dan memilah sampah di tingkat rumah tangga dikampanyekan dalam program kerjasama antara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon dan Toko Mas Pantes tersebut.

Masyarakat sekitar sejak pagi berbondong-bondong membawa sampah rumah tangga yang telah dipilah. Khususnya yang anorganik. Seperti plastik, kaleng, kertas, dan lain-lain. Setiap 1 kilogram sampah ditukar dengan kupon undian.

Berlaku kelipatan. Pemegang kupon berkesempatan memenangkan undian logam mulia dari Toko Mas Pantes yang memiliki 11 cabang yang tersebar di Wilayah 3 Cirebon tersebut.

Sejak pagi hingga menjelang siang terkumpul sekitar 2 kuintal sampah. Sebanyak 4 undian terpilih berhak atas logam mulia tersebut.

BACA JUGA:

Sementara peserta lainnya ada yang membawa pulang bingkisan menarik dari Toko Mas Pantes yang setiap bulan melakukan undian berhadiah motor tersebut. Puluhan suvenir juga dibagikan kepada masyarakat yang hadir.

Hadir dalam kesempatan itu Kepala DLH Kabupaten Cirebon Iwan Ridwan Hardiawan SSos MSi, Camat Greged Ratna Kartika SAP MSi, Kuwu Kamarang Endang Kusnandar, manajeman Toko Mas Pantes, serta personel TNI/Polri yang memantau jalannya acara dan memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik.

2

Iwan Ridwan Hardiawan mengatakan, Desa Kamarang bisa menjadi desa percontohan tentang bagaimana kesadaran masyarakat mengelola lingkungan khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan sampah.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait