AS Kirim Sistem Pertahanan Udara Patriot ke Filipina

Senin 04-04-2022,18:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - Amerika Serikat mengerahkan sistem pertahanan udara dan rudal canggihnya, Patriot, ke Filipina sebagai bagian dari latihan perang bersama Balikatan 2022.

Ini Pertama kalinya AS mengerahkan sistem rudal Patriot ke luar negeri melalui darat dan laut. Di Filipina, Patriot dikerahkan di Aparri, Provinsi Cagayan di utara.

Seperti yang dikatakan Angkatan Darat Pasifik AS di Twitter 31 Maret 2022.“Pembela udara dari Bravo Battery, Batalyon 1, Resimen Artileri Pertahanan Udara 1 yang berbasis di Okinawa, Jepang, membuat sejarah minggu ini ketika mereka melakukan penyisipan amfibi pertama dari Paket Keterlibatan Minimum Patriot di Aparri, Filipina, sebagai bagian dari Balikatan \'22.\"

Sedangkan Pakar keamanan maritim dari S. Rajaratnam School of International Studies (RSIS) di Singapura, Collin Koh, mengatakan AS tampaknya sedang menguji konsep baru untuk operasi teater Pasifik di masa depan, dan ini cocok dengan pola latihan mereka baru-baru ini di sekitar kawasan.

BACA JUGA:

Dikutip The Star, Senin, 4 April 2022, Koh mengatakan “Penempatan Patriot secara khusus akan menyiratkan kekhawatiran Amerika tentang menambah pertahanan pasukannya di teater melawan ancaman rudal musuh AS yang semakin meningkat.\"

Koh menilai, latihan Balikatan di Cagayan tidak ditujukan secara khusus pada situasi Taiwan. Meskipun dia mengatakan ada kemungkinan indikasi bahwa AS akan menggunakan Filipina sebagai tempat pementasan potensial untuk operasinya dalam skenario darurat Selat Taiwan.

2

“Di bawah skenario potensial ini, penyebaran Patriot tampaknya relevan secara operasional. Apalagi mengingat Filipina memiliki pertahanan udara yang relatif lemah,” kata Koh.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait