Cek Fakta: Berbuka Puasa dengan Air Dingin Membahayakan Lambung

Rabu 06-04-2022,17:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - Momen yang ditunggu-tunggu seharian setelah menahan haus dan lapar adalah berbuka puasa. Yang terbayang untuk mengonsumsi minuman dingin saat berbuka puasa.

Tahukah jika berbuka puasa dengan air dingin dapat membahayakan lambung, untuk mengetahuinya yuk kita ulas.

Setelah menahan haus dan lapar seharian penuh, tentu tubuh butuh penggantian hidrasi untuk mengganti cairan yang hilang. Tidak sedikit orang yang memilih untuk mengonsumsi air dingin saat berbuka karena ingin mendapatkan rasa segar. Padahal, dengan mengonsumsi minuman dingin saat berbuka, suhu tubuh dapat menurun.

Bukan hanya itu, disebutkan juga jika tubuh dapat ‘kaget’ saat seharian tidak mendapatkan asupan apa pun lalu menerima air dingin. Bagian tubuh yang paling terdampak adalah lambung. Jika dibiarkan, bisa jadi kamu akan lebih mudah terkena masalah lambung.

BACA JUGA:

Nah, berikut beberapa masalah lambung yang bisa terjadi:

  1. kontraksi pada lambung
  2. Pengecilan lambung
  3. Memperlambat kerja lambung

Sebaiknya berbuka puasa dengan air hangat.Hal ini dilakukan agar perut kosong tidak terkejut karna tidak mendapatkan asupan seharian penuh, dilansir dari Halodoc.

2

Cobalah untuk mengonsumsi teh manis yang hangat setelah mengonsumsi air putih segelas. Setelah beberapa menit, barulah mengonsumsi berbagai minuman manis dan dingin layaknya kolak atau es buah.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait