Omurbekov si ‘Tukang Jagal’, Sosok yang Diyakini Bertanggung Jawab atas Kejahatan Bucha

Kamis 07-04-2022,20:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - Peristiwa Bucha telah menarik perhatian dunia, mengarahkan telunjuknya kepada Rusia sebagai pihak yang harus dituntut atas pembunuhan ratusan warga sipil. Dilaporkan mayat-mayat bergeletakan dalam kondisi meyedihkan yang katanya dibantai Rusia, meskipun ini masih membutuhkan verifikasi lebih lanjut.

Dari hasil memantauan intelijen yang melakukan pelacakan terhadap orang yang paling bertanggung jawab. Sebuah proyek sukarelawan jurnalistik yang disebut InformNapalm\' mengklaim telah mengidentifikasi seorang komandan berusia 40 tahun, yang bertanggung jawab atas pembantaian di Bucha. Menurutnya, orang itu adalah Kolonel Rusia Azatbek Omurbekov.

Omurbekov memimpin unit militer 51460 yang berbasis di kota Knyaz-Volkonskoye, di Wilayah Khabarovsk di Federasi Rusia. Komando militer Rusia bertanggung jawab atas wilayah luar biasa seluas 7.000.000 kilometer persegi.

InformNapalm mengungkapkan di akun Telegramnya alamat email, nomor telepon, dan alamat rumah Omurbekov yang pada saat invasi Rusia ia ditugaskan menduduki Bucha, kota 15 mil dari Kiev.

BACA JUGA:

Ketika penyelidikan terarah padanya, ia pun mendapat julukan \"Tukang Jagal Bucha\". Omurbekov adalah tentara yang berprestasi. Ia dianugerahi penghormatan atas layanan yang luar biasa pada tahun 2014 oleh wakil menteri pertahanan Rusia Dmitry Bulgakov.

November 2021, Omurbekov diberkati oleh seorang imam Ortodoks, seperti dilaporkan The Times of London. Ketika berita kejahatan Bucha meluas, Kepala Gereja Ortodoks Rusia, Patriark Kirill, yang mmeberkati Omurbekov langsung menjadi sasaran kecaman karena dianggap ikut mendukung perang Vladimir Putin.

2

\"Sejarah menunjukkan bahwa kita berperang dengan jiwa kita,\" kata Omurbekov ketika itu.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait