137 Koperasi Diusulkan Dibubarkan

Sabtu 09-04-2022,14:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Ratusan koperasi di kota Cirebon dinyatakan tidak sehat, bahkan tiap tahun ada yang tidak menggelar rapat anggota tahunan (RAT). Atas dasar itu, dinas koperasi berencana mengajukan pembubaran koperasi.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Peindustrian (DKUKMPP) Iing Daiman SIP MSI mengakui ada sekitar 137 koperasi dikota Cirebon yang diajukan ke kementrian koperasi untuk dilakukan pembubaran.

Iing menjelaskan dinasnga punya sarjana pendamping koperasi, secara tupoksi kami mendata membina setiap tahun, ada tahun koperasi termasuk menggelar RAT. \"kami mendata, membina,\" ujarnya.

Memang ada beberapa koperasi sehat ketika cashflow sehat, managerial organisasi. Secara aturan bulan ketiga menggelar RAT. Dan dari jumlah koperasi 405 Ada beberapa koperasi yang diindikasikan tidak sehat makanya melakukan treatment.

Di daftar ada tapi aktifitasnya tidak ada maka diusulkan ke kementrian untuk dibubarkan. Ketika koperasi kurang sehat, masih kata Iing, maka kami membinanya supaya sehat.

Kami latih para pengurus koperasi kami ada dana alokasi khusus untuk pembinaan supaya koperasi itu maju. \"Kalau tidak bisa sehati maka terpaksa diajukan untuk dibubarkan, tapi 137 itu tidak serentak melainkan bertahap. Karena kami ingin koperasi itu tumbuh,\" pungkasnya. (abd)

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait