4 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Sahur, Biar Kenyang Lama

Selasa 12-04-2022,19:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - Saat puasa orang akan menahan lapar dan haus selama seharian. Untuk makanan yang baik dikonsumsi saat sahur.

Meski hukumnya tidak diwajibkan, namun sahur juga terbilang penting sebagai “pengisi” energi agar kita kuat menahan lapar dan haus sampai waktu berbuka tiba.

Nah, tentunya di waktu sahur inilah kita harus memanfaatkannya sebaik mungkin dengan memakan makanan yang bergizi nan berfaedah bagi tubuh.

Selain baik untuk kesehatan, jenis makanan-makanan ini juga bisa membuat kenyang jadi lebih lama—sehingga tubuh pun tetap kuat beraktivitas seharian tanpa merasa lapar yang berlebihan.

BACA JUGA:

Lalu apa sajakah jenis-jenis makanan yang baik dikonsumsi saat sahur ini?

  1. Karbohidrat kompleks

    Dilansir dari Alodokter, karbohidrat kompleks terdiri dari susunan kimia yang lebih rumit nan kompleks dibandingkan karbohidrat sederhana. Karena susunan kimianya yang rumit, karbo kompleks memerlukan lebih banyak waktu untuk dicerna tubuh sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama.

  2. Kurma, Pisang dan Apel

    2

    Selain dikenal sebagai takjil saat berbuka puasa, kurma juga sangat baik dikonsumsi saat sahur.Selain mengandung serat untuk melancarkan pencernaan, kurma mengandungberagam nutrisi seperti zat besi, kalium, kalsium, protein, vitamin B6, vitamin K, folat, serta antioksidan.

  3. Lemak Baik

    Kalau berbicara tentang lemak, masih banyak orang Indonesia yang “salah kaprah”.Tak jarang orangmemusuhi lemak karena dianggap jadi biang keladibertambahnya berat badan. Eits, itu sih hanya berlaku untuk lemak jahat saja lho. Faktanya, asupan lemak baik justru sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh.

  4. Produk Susu

    Jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur lainnya adalah produk susu. Secara alami, susu mengandung protein, vitamin, mineral, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, hingga lemak baik.

Usahakan agar tetap selalu menghadirkan makanan bergizi lengkap dan seimbang setiap hari, baik sahur mau pun berbuka sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga, dan ibadah puasa jadi lebih lancar hingga akhir. Semoga bermanfaat, ya! (len)

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait