SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon Gelar Amaliah Ramadan

Sabtu 16-04-2022,10:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON – Selama Ramadan, SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon berupaya menggembleng siswa-siswinya untuk meningkatkan ibadah. Di antaranya menggelar kegiatan Amaliah Ramadan Al Azhar. Kepala SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon, Nur Wahyudin SSi didampingi Wakasek Kesiswaan Akyad SSi menjelaskan, selama Ramadan, seluruh siswa diwajibkan mengikuti program Amaliah Ramadan Al Azhar. Kegiatan inidigelar sejak tanggal 5 April, dan akan berakhir tanggal 16 April 2022.

Selama kegiatan tersebut, pada pagi hari, siswa-siswi tetap mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan Salat Duhur dan kuliah Duha. Kemudian dilanjutkan kegiatan belajar mengajar hingga masuk waktu Salat Duhur.

Setelah siswa melaksanakan Salat Duhur berjamaah, kemudian disambung dengan Halaqoh atau pemberian materi keagamaan yang terbagi secara berkelompok. Sore harinya siswa mengikuti kajian ifthar dan buka puasa bersama per kelas, dan dilanjutkan Salat Magrib berjamaah. 

Setelah Salat Magrib berjamaah, siswa melaksanakan makan bersama, dan dilanjutkan dengan  Salat Isya berjamaah dan Tarawih. “Usai Salat Tarawih siswa melaksanakan tilawatil quran dan dan tafsir quran,” kata Wahyu.

Setelah itu, mereka tidur hingga pukul 02.30, lalu melaksanakan Salat Tahajud. Dilanjutkan  makan sahur  dan Salat Subuh serta dzikir pagi dan Salat Syuruq.

Untuk kegiatan ini, khususnya pukul 17.00 hingga 06.00 digilir per kelas, termasuk ada pembagian takjil dari beberapa kelas untuk warga sekitar. “Acara bagi-bagi takjil, kami sediakan sebanyak 400 paket,” bebernya. (abd/adv)

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait