SMK Informatika Al Irsyad Al Islamiyyah Gelar Pesantren Ramadan

Sabtu 23-04-2022,09:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Dalam rangka membentuk kepribadian siswa selama di bulan suci Ramadan agar jadi lebih baik, SMK Informatika Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Cirebon menggelar Pesantren Ramadan 1443 H/2022 M. Pesantren Ramadan yang mengambil tema “Membentuk Kepribadian yang Disiplin dalam Beribadah dan Berakhlakul Karimah”, diikuti seluruh siswa-siswi, mulai dari tanggal 4 hingga 22 April 2022. 

Ketua Panitia Ahmad Fauzi SPdI mengatakan, tujuan kegiatan Pesantren Ramadan ini dalam rangka mencari keridhoan dan meningkatkan iman/taqwa kepada Allah SWT, membentuk akhlakul karimah,  disiplin dalam beribadah, menambah wawasan ilmu keagamaan, dan mengisi kegiatan Ramadan dengan kegiatan positif.

Peserta Pesantren Ramadan tahun ini, kata Fauzi, sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena, dua tahun lalu, pandemi Covid, sehingga semua aktivitas terbatas. Tapi tahun ini, penyelenggaraan Pesantren Ramadan lebih semarak. Tapi tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pria kelahiran Bekasi ini menjelaskan, selama pesantren berlangsung, peserta mendapat materi tentang tauhid, fiqih (wudhu, dan salat), ibadah (halaqoh Quran, shodaqoh dan salat berjamaah), akhlak  seputar  Ramadan/puasa, serta lomba– lomba.

BACA JUGA:

Alhamdulillah siswa tetap semangat mengikuti  Pesantren Ramadan di sekolah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMK Informatika Al Irsyad Al Islamiyyah, Agung Gumilar SST didampingi Wakasek Kesiswaan Muhammad Hafiizh SKom mengapresiasi kegiatan Pesantren Ramadan. “Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh dengan kesucian dan kebajikan, yang di dalamnya terdapat suatu kewajiban ibadah puasa bagi orang yang beriman.

2

Ini bagian dari mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sekaligus sebagai alat dalam rangka membersihkan diri , hati  dan jiwa manusia dari perbuatan dosa,” kata Agung.

Untuk itu, lanjut Agung, dalam mengisi bulan Ramadan tersebut, maka perlunya suatu kegiatan. Khususnya di lingkungan siswa-siswi, dapat mengantarkan mereka kepada tercapainya tujuan pelaksanaan ibadah puasa.

Berita berlanjut di halaman berikutnya....

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait