Mbok Yem Turun Gunung, Ingin Rayakan Idul Fitri di Rumah 

Kamis 28-04-2022,13:40 WIB
Reporter : Iing Casdirin
Editor : Iing Casdirin

Radarcirebon.com, MBOK Yem, pemilik warung yang berada di puncak Gunung Lawu memilih untuk turun gunung pada moment Idul Fitri tahun 2022  ini.

Mbok Yem yang punya nama asli Wakiyem  bukanlah perempuan biasa. Wanita berusia 60 tahun ini melegenda bagi pendaki Gunung Lawu, karena sudah membuka warung di puncak gunung sejak tahun 1980-an.

Sehingga  bagi para pendaki sudah tidak asing lagi dengan Mbok Yem. Warung makan Mbok Yem menjadi primadona khususnya bagi pendaki Gunung Lawu.

Warung makannya bisa menjadi pilihan bagi para pendaki yang tidak ingin repot memasak di gunung.  

Jelang Idul Fitri ini Mbok Yem memilih untuk turun gunung. Mbok Yem ingin menghabiskan waktu lebaran di rumah bersama keluarga.

Momen Mbok Yem turun gunung dibagikan dalam sebuah video singkat oleh akun TikTok jun_alwii. Video tersebut langsung viral.

\"Mbok Yem sang srikandi Gunung Lawu turun gunung untuk berlebaran di rumah,\" tulis pengunggah sebagai keterangan video seperti dikutip oleh Radarcirebon.com, Kamis (28/04/2022).

2

Mengingat usia Mbok Yem yang sudah tua serta kondisi jalur untuk ke bawah sulit sehingga tidak mungkin beliau jalan kaki.

Untuk turun gunung Mbok Yem diangkat menggunakan tandu kayu. Diangkat oleh dua orang pria, dan satu pria jalan di samping tandu,  sebagai pemandu jalan. 

Warung sederhana Mbok Yem  seolah jadi obat penenang setelah para pendaki menempuh perjalanan panjang dengan medan yang berat.

Berada di ketinggian 3.265 Mdpl, Warung Mbok Yem sering juga disebut sebagai Warung Tertinggi di Indonesia.   

Warung Mbok Yem ini hanya berjarak beberapa meter saja dari puncak Hargo Dumilah, puncak tertinggi di Gunung Lawu.

Sementara gunung di antara Jawa Tengah dan Jawa Timur ini memiliki tinggi 3.265 meter di atas permukaan laut.

Warung Mbok Yem ini terbilang sangat sederhana dengan dinding kayu tanpa cat. Tapi keberadaan warung ini diakui sangat membantu para pendaki.

 Selain sebagai tempat berteduh, warung ini juga menyediakan berbagai menu sederhana namun nikmat. Menu ikonik warung ini adalah pecel, gorengan, mie instan dan berbagai minuman.

Tags :
Kategori :

Terkait