Lama Absen, Pawai Obor Desa Kebarepan Plumbon Kembali Semarak

Senin 02-05-2022,03:00 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

Radarcirebon.com, CIREBON – Setelah lama tidak mengadakan pawai obor untuk memeriahkan malam Hari Raya Idul Fitri karena pandemi Covid-19, kini warga mulai menggelar kembali tradisi tahunan itu.

Seperti yang dilakukan warga Desa Kebarepan, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Minggu (1/5/2022) malam.

Ratusan warga mulai dari anak-anak hingga dewasa antusias mengikuti pawai ini. Sejumlah lampion dibentuk miniatur bermacam-macam diarak keliling desa.

\"Pawai obor ini diikuti oleh sekitar 500 orang mulai dari masyarakat, Pemdes Kebarepan, Karang Taruna dan remaja Masjid untuk menyambut Idul Fitri 1443 H. Warga berjalan tertib sambil keliling mengarak berbagai jenis miniatur sambil mengumandangkan takbir, tasbih, takmid di malam yang fitri ini,\" ujar Suharjo salah satu sesepuh tokoh masyarakat Desa.

Baca juga:

Suharjo menuturkan, pawai sambut Idul Fitri ini baru kembali digelar tahun ini setalah 2 tahun terhenti karena Covid-19.

\"Benar ini baru diadakan lagi pawai sambut Idul Fitri setalah dua tahun vakum akibat pandemi. Kalau kegiatan santunan ke anak yatim-piatu dan kaum jompo sih tiap tahun kami adakan dan sudah berjalan 7 tahun,\" tuturnya.

2

Sementara itu Ketua Karang Taruna Desa Kebarepan berharap kegiatan pawai sambut Idul Fitri ini terus berlanjut setiap tahun.

\"Tujuan dari pawai obor ini selain menyambut Idul Fitri juga sebagai mempererat tali silaturahmi antar warga desa dan meningkatkan Ukhuwah Islamiyah di Desa Kebarepan,\" katanya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait