Petani Senang, Harga Garam Melonjak

Senin 09-05-2022,11:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com, PANGENAN-Para petani garam di Kabupaten Cirebon semringah. Pasalnya, harga garam saat ini mencapai Rp1.100/kg. Hal itu, sudah sangat menguntungkan para petani garam.

Salah seorang petani garam asal Pangenan, Ismail mengatakan, saat ini harga garam di tingkat petani sudah di atas Rp1000/kg tepatnya Rp1.100/kg. “Alhamdulillah, harga garam sekarang naik di atas seribu rupiah per kilogramnya sehingga sangat menguntungkan bagi petani garam,” ujar Ismail.

Diakui Ismail, para petani garam biasanya merugi karena harga garam berkisar di angka Rp300/kg. “Bahkan harga garam pernah anjlok hingga Rp100 per kilogram sehingga membuat petani menderita,” akunya.

Namun, dengan naiknya harga garam hingga Rp1.100/kg membuat para petani garam bisa bernafas lega dan mendapat untung banyak.

BACA JUGA:

Diakuinya, dengan harga garam di angka Rp800/kg saja sudah bisa menguntungkan para petani garam. “Jangankan di atas seribu, harga delapan ratus saja sudah ada keuntungan buat kami petani garam,” ujarnya.

Menurut Ismail, melonjaknya harga garam hingga Rp1.100/kg karena stok garam semakin berkurang, mengingat belum ada lagi panen garam dikarenakan cuaca masih terjadi hujan.

2

Namun, kata Ismail, harga garam yang mencapai Rp1.100/kg bukan harga tertinggi garam yang sudah ada. “Kalau enggak salah, di tahun 2017, harga garam mencapai Rp2000 per kilogram sehingga kenaikan harga garam saat ini bukan harga tertinggi,” ujar Ismail. (den)

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait