Warga Jabar Diminta Lahirkan Penduduk Berkualitas

Kamis 12-05-2022,18:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON-Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) meminta supaya mulai hari ini, warga di Jawa Barat bisa menghasilkan penduduk yang berkualitas. Acuannya adalah persoalan stunting.

Menurut RK, penduduk yang tidak berkualitas adalah anak yang lahir dalam keadaan stunting. Hal tersebut diungkapkan RK saat vicon apel siaga tim Pendampingan Keluarga Nusantara Bergerak secara serentak, yang dihadiri Bupati Cirebon H Imron beserta beberapa unsur SKPD, bertempat di Pendopo Bupati Jl RA Kartini, Kota Cirebon, Kamis (12/5/2022).

Rk menjelaskan, kenapa stunting menjadi pokok masalah dalam hal melahirkan penduduk yang tidak berkualitas, karena kalau ada anak yang lahir hari ini secara stunting, maka duapuluh atau tigapuluh tahun kedepan akan membebani negara.

\"Nanti pada tahun 2045 atau bertepatan dengan 100 tahun Indonesia merdeka, kita tidak sampai ke mimpi kita sebagai negara maju. Jadi mulai sekarang kita harus mencegah bayi lahir dalam kondisi stunting,\"jelasnya.

BACA JUGA:

Rk menyebutkan, saat ini ekonomi Indonesia terbaik ke-16 di dunia. Nanti 10 tahun lagi rangking 10 dan tahun 2045 rangking empat. \"Tapi syaratnya, tidak ada penduduk kita yang lahir stunting,\"sebutnya.

RK sempat curhat, terkait data masalah penurunan stunting yang ada di Jabar. Selama tiga tahun, ternyata data dari pemerintah pusat yang masih dalam hitungan 24,5 persen dari 33an persen pada awal dia menjabat.

2

\"Padahal riilnya, pada angka 13 persen dan harusnya menjadi konsumsi publik,\"ucapnya.

Berita berlanjut dihalaman berikutnya...

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait