Apel Penghormatan dan Renungan Suci Berlangsung Khidmat

Rabu 17-08-2022,20:00 WIB
Reporter : Jerrel
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com, CIREBON - Tepat pada saat pergantian hari ke 17 Agustus 2022, acara Apel Kehormatan dan Renungan Suci berlangsung dengan khidmat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesenden, Kelurahan Kesenden, Kota Cirebon, pada Rabu dini hari (17/8).

Acara apel kehormatan dan renungan suci ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Turut hadir dalam kesempatan tersebut jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Plus Kota Cirebon.

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) yakni Komandan Korem (Danrem) 063/Sunan Gunung Jati, Kolonel Inf Dany Rakca SAP. Turut juga dibacakan naskah apel penghormatan dan renungan suci yang intinya bahwa peserta apel menghormati jasa-jasa para pahlawan.

“Kami berikan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan bangsa dan negara,” ujarnya.

BACA JUGA:Radar Fashion Street, Saat Pesepeda Bergaya Ala Citayam Fashion Week di Graha Pena

Lebih lanjut, Danrem juga menjelaskan, bahwa penghormatan terhadap para pejuang dan pahlawan yang ada di Kota Cirebon ataupun di Indonesia harus terus dilaksanakan. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau mencintai sejarah dan pahlawannya,” lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati yang turut hadir mewakili Walikota Cirebon mengatakan, dalam rangkaian HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini, sudah sepantas dan selayaknya, penghargaan tinggi terhadap para pejuang diberikan.

“Kita tidak boleh lupa akan jasa dan dedikasi yang diberikan oleh mereka. Tanpa mereka, kita tidak ada di sini. Untuk itu kita harus kembali mengenang jasa para pahlawan kita. Dengan penghormatan setinggi-tingginya,” jelasnya.

Masih di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Cirebon Ruri Tri Lesmana mengatakan, apel penghormatan terhadap para pahlawan yang telah gugur tersebut merupakan bentuk cinta dan apresiasi yang tinggi terhadap perjuangan yang dilakukan para pahlawan tersebut.

BACA JUGA:HUT RI, CCC Gobar dan Tarkam 77 Kilometer, Finish di Radar Cirebon

“Apel ini merupakan salah satu bentuk apresiasi yang tinggi. Rasa cinta dan perjuangan mereka terhadap Indonesia harus bisa kita tiru. Tak kenal lelah hingga akhirnya kita bisa merasakan kemerdekaan hingga saat ini. Untuk itu, kita harus tetap hormat akan jasa mereka,” tutupnya.  

Turut juga dilakukan dalam kesempatan tersebut mengheningkan cipta, pembacaan doa hingga penghormatan terakhir kepada arwah Pahlawan yang dipimpin oleh Komandan Upacara.

BACA JUGA:HUT RI Diwarnai Tawuran Pemuda di Garut, Cuma Gara-gara Lodong

Kategori :