Dinkop UKM Peringati Hari Jadi Koperasi Ke-75 Tahun

Jumat 26-08-2022,11:30 WIB
Reporter : Samsul Huda
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com, SUMBER-Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Cirebon memperingati hari jadi koperasi ke 75 tahun, Kamis (25/8). Di usianya yang semakin matang itu, Koperasi dan UMKM diharapkan banyak memberikan sumbangsih dalam perkembangan ekonomi.

Baik nasional maupun daerah. Untuk tetap eksis dalam peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini sesuai dengan tema hari koperasi “Transformasi digital sebagai gerakan milenial menuju kemandirian koperasi”.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendra MSi mengatakan, tema itu sejalan dengan tujuan pembangunan nasional yang diarahkan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera adil dan makmur.

“Sesuai amanat UUD 1945, Koperasi dan UMKM hendaknya mempunyai peran aktif dalam dinamika perekonomian masyarakat dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah daerah,” kata Dadang, saat memberikan sambutannya.

BACA JUGA:Sejarah Hari Jadi Kabupaten Kuningan, Kisah Sunan Gunung Jati dan Ong Tien Angkat Anak Ki Gedeng Luragung

Menurutnya, pengalaman krisis ekonomi  1998, UMKM lah yang bertahan dari krisis moneter. untuk itu pemerintah daerah menitikberatkan pemberdayaan koperasi dan UMKM.

“UMKM dan koperasi dapat saling mendukung, karena UMKM merupakan usaha berskala kecil yang perlu dilindungi, sedangkan koperasi dapat menjadi wadah bagi UMKM,” ucapnya.

2

Oleh karena itu, lanjut Dadang, dukungan pemerintah daerah untuk pemberdayaan Koperasi dan UMKM perlu ditingkatkan baik melalui pelatihan manajemen koperasi dan UMKM, pendampingan, fasilitasi kemitraan usaha dan jaringan usaha.

“Selain itu, mendukung peningkatan pemasaran melalui gelar bazar produk koperasi dan UMKM tingkat kabupaten. Dan mengikutsertakan koperasi dan UMKM mengikuti gelar produk tingkat provinsi dan nasional,” terangnya.
Dengan upaya pemberdayaan itu, Dadang berharap, dapat meningkatkan tata kelola koperasi dan UMKM agar bisa lebih profesional, sehingga dapat meningkatkan usaha. Yang akhirnya meningkatkan perekonomian daerah.

BACA JUGA:Mutasi Jumat Keramat, Wali Kota Cirebon Lantik Muhammad Izzudin sebagai Kabid PIAK Disdukcapil

Sementara itu, Bupati Cirebon Drs H Imron MAg menuturkan, di usia ke-75 tahun menandakan kematangan dalam berorganisasi menjawab berbagai tantangan zaman.

Dan tema yang diangkat di Hari Jadi Koperasi ini mengejawantahkan dari upaya koperasi bertransformasi dari citra model lama dan konvensional menjadi model baru dan profesional. “Karena itu, pemerintah menggelorakan gerakan ayo berkoperasi yang terhubung dengan program gerakan revolusi mental,” katanya singkat.

BACA JUGA:Irjen Ferdy Sambo Dipecat dari Polri, Ajukan Banding, Dikasih Waktu 3 Hari

Kategori :