2 Calon Desa Baru di Majalengka, Desa yang Memisahkan Diri dari Desa Inti.

Rabu 30-11-2022,15:38 WIB
Reporter : Andhika Satria
Editor : Andhika Satria

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Berada di antara Kabupaten Cirbeon dan Kuningan, Kabupaten Majalengka secara geografis terletak di kaki gunung Ciremai. 

Majalengka sendiri memiliki banyak desa didalamnya, seperti kabupaten lainnya. Beberapa hari lalu beredar kabar bahwa terdapat desa yang akan memisahkan diri dari desa intinya.

Hal tersebut pun disebabkan oleh isu pemekaran atau daerah otonom baru, yang terjadi di Jawa Barat dan terus berkembang termasuk Majalengka.

BACA JUGA:Polres Majalengka Kirim Bantuan Tahap 2 untuk Korban Gempa Cianjur

Kepala Bagian tata Pemerintahan Sekretariat daerah Majalengka, Rahmat Gunandar mengatakan bahwa; keinginan pemerakaran masyarakat desa Panjalin Kidul Kecamatan Sumberjaya untuk dimoratorium, masih cukup sulit. 

Hal tersebut disebabkan karena pemerintah pusat belum menindak lanjuti beberapa usulan. Karena Otonomi desa baru membutuhkan kajian yang matang, agar menentukan pengaruh dana desa. Terlepas secara administrasi, desa Panjalin Kidul memang sudah memenuhi syarat penduduk yang sudah sangat terpenuhi.

Desa yang sempat mengajukan pemerakaran lainnya adalan Desa Maniis, Kecamatan Singambul. Tetapi hal tersebut pun masih sulit untuk direalisasikan, karena terlepas dari pihak kecamatan yang mengembalikan pengajuan tersebut.

2

Rahmat juga mengatakan masih cukup sulit dan butuh keputusan yang sangat matang terhadap dampak dan sebab yang akan datang nantinya. 

BACA JUGA:Motor Curian Ini Kembali ke Pemiliknya di Wanajaya Majalengka, Simak Kalimat Pak Polisi

Kategori :