Mengelola Peralatan Berfungsi Optimal

Rabu 30-11-2022,17:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pembangunan jalan, bangunan, jembatan, drainase, dan sumber daya air, memerlukan alat berat. Karena itu, butuh pengelolaan dan perawatan terbaik agar peralatan yang ada, dapat berfungsi optimal. Agar pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, menjadi lebih baik.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Kota Cirebon Dr H Irawan Wahyono MPd mengatakan, peningkatan jalan dan jembatan, membutuhkan beberapa peralatan pendukung.

Seperti stom dan alat berat lainnya. DPUTR memilikinya. Termasuk pula pemeliharaan, perawatan, dan perbaikan alat berat. “Kami memiliki UPT Peralatan dan Perbengkelan. Sesuai namanya, untuk memastikan alat berat berfungsi optimal,” ucapnya.

Kepala UPT Peralatan dan Perbengkelan DPUTR Kota Cirebon Suana SSos menjelaskan, alat berat digunakan untuk mendukung kegiatan bidang-bidang. Seperti, beko untuk normalisasi sungai bagi bidang Sumber Daya Air (SDA). Stom untuk pemadatan aspal peningkatan jalan dan jembatan bidang Bina Marga. Termasuk pula mendukung optimalisasi peralatan yang digunakan bidang Cipta Karya, dan bidang Tata Ruang.

BACA JUGA:Walikota Cirebon Nashrudin Azis Ingatkan Penggunaan APBD Berbasis Kinerja

Tugas UPT Peralatan dan Perbengkelan DPUTR, lanjut Suana, mengelola peralatan dan perbengkelan perbaikan alat berat yang rusak. “Kadang dilapangan ada hal yang membuat alat berat harus diperbaiki.

Termasuk pula karena umur teknis alat, itu juga mempengaruhi,” ujarnya. Seperti halnya kendaraan, semakin tua usianya, butuh perawatan lebih. Dari semua bidang yang ada di DPUTR, peralatan, khususnya alat berat, banyak dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan pekerjaan pembangunan. (ysf)

2

BACA JUGA:Proyeksi Surplus APBD Kota Cirebon 2023 Sebesar Rp24,8 Miliar

Kategori :