Prihatin, Aleg Urug Jalan Rusak dari Kocek Pribadi

Minggu 05-03-2023,15:00 WIB
Reporter : Samsul Huda
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM   - 2023 menjadi tahun politik. Para politisi pun mulai menebar pesona. Hanya simpati masyarakat. Terlebih dahulu bagi para petahana. Peluang itu cukup besar. Melihat kondisi infrastruktur jalan rusak misalnya. Di Kabupaten Cirebon cukup parah. 

Tak jarang kondisi jalan rusak di Kabupaten Cirebon jadi sorotan. Dikeluhkan warga. Pun penguna jalan. Terbaru di ruas jalan Kaliwulu, Kecamatan Plered. Viral.  Terang saja, kondisinya seperti bubur. Rasa prihatin pun muncul dari Anggota Legislatif (Aleg) dapil I, Yoga Setiawan SE. 

Ia pun segera berkoordinasi dengan beberapa Kuwu di Kecamatan Plered. Termasuk dalam penanganan sementara di ruas jalan Tegalsari - Lemahtamba. Kondisinya sama, memprihatinkan. Diameter lubangnya cukup besar, juga dalam. 

"Secara pribadi saya berinisiatif mengambil langkah itu. Dan melakukan penanganan pertama kali berkaitan dengan lubang di jalan Tegalsari-Lemahtamba yang teramat besar," kata Yoga, kepada Radar, Sabtu (4/3). 

BACA JUGA: Penemuan Mortir di Desa Bungku Cirebon, Gegana Sudah di Lokasi, Mau Diledakan, Siap-siap

BACA JUGA: Golok Tjigasong, Golok Asli Majalengka yang Sudah Punah

Ia mengaku, baru mendatangkan sekitar 8 rit pasir dan batu (sirtu). Dengan meminta bantuan alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR). Namun, untuk tenaga surya dan operator membiayai sendiri. 

2

"Rencananya penanganan pertama sepanjang ruas jalan Tegalsari lemahtamba kita urug. kalau kita hitung ada 20 dumtruk sirtu. Dananya dari kantong pribadi," katanya. 

Yoga juga mengaku, langkah yang ia ambil, tentunya agar tidak ada lagi yang viral, seperti ditanam pohon pisang si ruas jalan Trusmi kaliwulu. Karenanya sebagai wakil rakyat di dapil I, tentunya rasa peduli dengan kondisi itu tinggi. 

“Trusmi kaliwulu juga akan saya dukung. Pengurungan lubang jalan itu sifatnya sementara. Insya Allah bermanfaat sambil menunggu kegiatan dari DPR,” ucapnya. 

BACA JUGA: Shin Tae Yong Soroti Penyelesaian Akhir Anak Asuhnya, Meski Menang Lawan Suriah

BACA JUGA: Tim Tech3 MotoGP Luncurkan Livery Anyar untuk Musim 2023

Menurutnya, kondisi jalan rusak yang viral itu langsung di respon bupati. Dan memangil Kepala DPR, Iwan Rizki, untuk segera ditangani. "Ya harus ada langkah cepat," ujarnya. 

Sementara itu, Kabid Bina Marga DPUTR Kabupaten Cirebon, R Tommy Hendrawan ST mengatakan, tahun ini perbaikan ruas jalan Tegalsari - Lemahtamba segera dilakukan. Ada dua lokasi yang akan diperbaiki dengan anggaran Rp3 miliar dan Rp1 miliar.

Lokasinya setelah Kecamatan Plered hingga rel kereta api dengan menggunakan konstruksi rijit beton. Anggarannya Rp3 miliar. Sedangkan lokasi kedua di Pagartoya. Termasuk pembangunan jembatan rangka dengan konstruksi beton. "Tahun ini kondisi jalan tersebut kita tingkatkan," singkatnya. (sam)

Kategori :