Yes! Naturalisasi Disetujui DPR RI, Tiga Pemain Keturunan Belanda Resmi Jadi WNI

Selasa 21-03-2023,19:00 WIB
Reporter : Moh Junaedi
Editor : Moh Junaedi

JAKARTA, RADARCIREBON.COM   - Akhirnya, tiga pemain sepakbola blasteran berusia muda akhirnya resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) atau setelah menempuh proses naturalisasi.

Ketiga pesepakbola muda yang menjalani proses naturalisasi itu antara lain, Justin Quincy Hubner, Ivar Jenner, Rafael William Struick.

Mereka resmi menjadi WNI karena Komisi X dan Komisi III DPR RI menyetujui naturalisasi pada Senin 20 Maret 2023 kemarin.

BACA JUGA:Jadi Bola Liar, Benarkah Keluarga Alshad Ahmad Menyuruh Nissa Asyifa Aborsi?

Ketiga pemain naturalisasi ini dipersiapkan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 di ajang Piala Dunia U-20 di Indonesia yang digelar pada tanggal   20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Pemberian keputusan naturalisasi dibacakan setelah masing-masing fraksi menyampaikan pandangannya terhadap ketiga pemain tersebut.

Sebelumnya PSSI mengajukan naturalisasi ketiga pemain tersebut kepada mantan Menpora Zainudin Amali untuk memperkuat skuad muda Garuda untuk menghadapi ajang bergengsi Piala Dunia U-20.

BACA JUGA:Pelajar SMK dari Lemahabang Cirebon Konvoi ke Jalan Baru Kuningan, Langsung Dihalau Polisi

Kemudian, Presiden Jokowi telah menyetujui naturalisasi tiga pemain keturunan dari Belanda untuk yang diproyeksikan untuk membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Setelah menerima lampu hijau dari Presiden, proses naturalisasi ketiganya untuk Timnas Indonesia U-20 akan memasuki tahapan Sidang Paripurna oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

"Pak Presiden sudah menandatangani. Saya sudah terima dan masih harus menunggu sidang paripurna DPR karena DPR masih reses," ujar Amali.

BACA JUGA:Profil Nissa Asyifa Mantan Alshad Ahmad, Curhatannya Bikin Warganet Penasaran

Hingga akhirnya, semua fraksi Komisi III dan X DPR RI menyetujui untuk merekomendasi kewarganegaraan kepada tiga calon pemain sepakbola naturalisasi, yaitu Justin Quincy Hubner, Ivar Jenner dan Rafael William Struick.

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia sebagai Plt Menpora RI Muhadjir Effendy menegaskan bahwa naturalisasi merupakan jalan terakhir dalam memperkuat tim nasional sepakbola.

BACA JUGA:Surat Tilang Elektronik Dikirim ke WhatsApp Jangan Dibuka, Itu Sangat Berbahaya

Oleh karena itu, katanya, pemerintah dan para pemangku kepentingan menyepakati bahwa naturalisasi hanya digunakan untuk menutup kekosongan talenta yang belum diisi oleh bakat - bakat nasional.

Menurut Muhadjir, sikap terkait naturalisasi tersebut sudah disampaikan di Komisi X DPR RI. (jun)

 

 

Kategori :