Tol Cisumdawu Buka Peluang Pengembangan Pelabuhan Cirebon

Rabu 22-03-2023,12:00 WIB
Reporter : Abdullah
Editor : Leni Indarti Hasyim

  CIREBON, RADARCIREBON COM - Hadirnya Tol Cisumdawu mendapat dampak positif bagi pelabuhan Cirebon, khususnya pengembangan pelabuhan Cirebon kedepan.

Hal ini dikatakan General Manager PT Pelindo Regional 2 Cirebon, Capt. Supardi MMar MSc disela media Visit ke Radar Cirebon, Selasa (21/3/2023).

Menurut Supardi Pelabuhan Cirebon masih memungkinkan untuk dikembangkan, termasuk menjadi pelabuhan peti kemas.

Apalagi pelabuhan Cirebon, kata Supardi, pelabuhan Cirebon ini pernah berjaya di zaman dulu, dan saat ini punya peluang untuk bangkit kembali.

BACA JUGA: Sandy Kristian dan Michael Nolan Juara KOMATFIS Nasional di Universitas Tarumanegara

BACA JUGA: Ganjar Pranowo Ziarahi Makam Sunan Gunung Jati Jelang Ramadan

"Tol Cisumdawu membuka pelabuhan Cirebon lebih berkembang lagi," kata Supardi. Lebih jauh Supardi menjelaskan,  Pelabuhan Cirebon ini sebenarnya tinggal bagaimana mengembangkanya, karena pelabuhan ini terbentuk dan pernah mengalami kejayaan pelabuhan zaman dulu dan sekarang masih masih ada dan eksis meski kondisinya tidak Jaya seperti dulu.

2

"Pelabuhan Cirebon era peninggalan tahun 1865," ujarnya. Meski demikian, Supardi tidak menampik jika persoalan yang mendasar di pelabuhan Cirebon adalah Pendangkalan, solusinya di keruk, tapi yang jadi persoalan ketika dilakukan pengerukan  ini menjadi percuma kalau seminggu lagi mengalami pendangkalan lagi.

Maka dari itu dirinya berharap pelabuhan Cirebon ini biaya dan pendapatan setidaknya imbang.

Dan Pelindo  berusaha membangun relasi, dan hadirnha Tol cisumdawu itu menjadi peluang baru  bagi pelabuhan, karena dari selatan mudah terhubung ke Cirebon.

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, Ridwan Kamil Ajak Warga Jawa Barat Satukan Persepsi

BACA JUGA:Selama Ramadan, Jadwal KBM di Sekolah Tidak Banyak Perubahan

Kemudian Di Jabar bagian utara akan semakin banyak perusahaan sedangkan perusahaan butuh transportasi. "Mudah-mudahan ada peluang," ujarnya.

Pihaknya juga menyinggung Sarana kapal tol laut cukup bagus, karena misalnya kapal hanya mengangkut barang 5 box atau 7 box tetap bisa diangkut karena ada subsidi pemerintah.

"Tol laut itu mentransport barang-barang dengan biaya lebih rendah," tandasnya. Mewakili Radar Cirebon, Yuda Sanjaya mengapresiasi kunjungan GM PT Pelindo Regional 2 Cirebon.

Kategori :