Iin Kristina, Ketua LPM Kelurahan Pekalangan Maju Sebagai Bacaleg Karena Ada Aspirasi Yang Tersumbat

Selasa 02-05-2023,09:30 WIB
Reporter : Abdullah
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dari daftar bakal calon legislatif (bacaleg) yang  di daftarkan DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Cirebon ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon, yakni Iin Kristina. 

Iin selama ini dikenal sebagai sosok yang rajin berinteraksi dengan masyarakat, khususnya masyarakat di wilayah Kecamatan Pekalipan.

Tidak heran dengan sepak terjangnya di berbagai kegiatan kemasyarakatan, Iin Kristina dipercaya menjadi ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Pekalangan Kecamatan Pekalipan.

Lalu bagaimana Iin Kristina memiliki ketertarikan menjadi bacaleg pada pemilu 2024 melalui Partai PKB. Kepada Radar, disela sela mendaftar ke KPU Senin pagi (1/5), Iin mengaku dirinya terjun ke politik melalui PKB setelah melalui perenungan yang panjang.

BACA JUGA:Promosikan Potensi Wisata, Disparbud Jabar Latih 1000 Warga Lokal Jadi Content Creator

BACA JUGA:Ngeri! Bukan di Hanura, Ternyata Wiranto Siapkan 100 Kader Terbaiknya untuk Nyaleg di PPP

Tidak sedikit parpol yang mendekati dirinya untuk menjadi bacaleg, bahkan Iin bercerita salah satu parpol untuk melobi dirinya agar bersedia menjadi caleg, sampai datang ke rumahnya sambil membawa bingkisan parcel.

2

Tapi tawaran tersebut tidak serta merta diterimanya. Kemudian ada parpol lainnya juga merayunya menjadi caleg, tapi tidak membuat hatinya luluh. Karena masyarakat sering menyarankan dirinya untuk maju, akhirnya Iin melakukan istikhoroh, dan hatinya tergerak berjuang melalui Partai Kebangkita Bangsa (PKB) dari dapil Kecamatan Pekalipan dan Kecamatan Kejaksan.

"Insyaallah saya akan memulai perjuangan ini melalui dapil Kejaksan dan Pekalipan, mohon doanya," kata Iin.

Langkahnya yang diambil Iin bukan tanpa alasan, selama menjadi ketua LPM, dirinya mendapatkan banyak aspirasi dari masyarakat mulai dari tingkat RT, RW hingga perorangan, aspirasi warga mulai dari infrastruktur, pendidikan, kesehatan hingga bantuan sosial.

BACA JUGA:Soal Kematian AKBP Buddy Alfrits Towoliu, Kapolres Metro Jakarta Timur Beberkan Kronologisnya

BACA JUGA:Enggan Komentari Kisruh Rumah Tangga Nikita Mirzani, Fitri Salhuteru Malah Bilang Begini

Berbagai persoalan ini sering dikemukakan pada berbagai forum resmi, mulai dari Musrenbang Kelurahan, Musrenbang Kecamatan, hingga reses anggota DPRD, tapi selama ini aspirasi Hanya tinggal aspirasi tanpa ada tindak lanjutnya.

Atas pertimbangan itulah dirinya bertekad membantu masyarakat lebih jauh, kalau selama ini menjadi ketua LPM Kelurahan Pekalangan sangat terbatas kewenangannya, tapi dengan maju menjadi caleg DPRD tingkat Kota Cirebon, Iin berharap bisa berbuat lebih untuk masyarakat, tidak hanya untuk kelurahan Pekalangan, tapi untuk masyarakat Kecamatan Pekalipan dan Kejaksan sebagai daerah pemilihannya dan masyarakat Kota Cirebon pada umumnya.

Ketika aspirasi tidak terealiasasi, menurut Iin, LPM justru sering menjadi sasaran masyarakat, sedangkan LPM tidak punya kewenangan untuk mewujudkan aspirasi karena bukan lembaga penyusun anggaran atau pembuat peraturan daerah.

Kategori :