Pecinta Durian Merapat! Berlibur di Bukit Perwira, Hanya 20 Km dari Pusat Kota Cirebon, Dijamin Puas

Sabtu 03-06-2023,16:56 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Ingin berwisata cuma-cuma bersama keluarga? Ini rekomendasinya. Lokasinya tak jauh dari pusat Kota Cirebon. Hanya sekitar 20 kilometer.

Bahkan bila beruntung bisa menikmati durian khas, dipanen dari pohon yang usianya sudah ratusan tahun. Atau bisa juga mendapatkan sensasi durian biasa yang setiap saat selalu tersedia.

Ya, namanya Argrowosata Bukit Perwira. Lokasinya di Blok Asem Dua, Desa Ujungberung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka.

Bila jalan dari Cirebon ke Majelengka, nanti akan bertemu dengan blok Sinapeul. Nah tinggal melihat ke arah kanan, sudah terlihat gapura Agrowisata Ujungberung. Di gapura itu juga ada tugu bergambar durian.

BACA JUGA:2 SOSOK BERPENGARUH, Penyebab Timnas Argentina Terima Tantangan Indonesia

Agrowisata ini memiliki luas sekitar sekitar 10 hektar. Obyek ini menawarkan banyak destinasi. Dari pemandangan tebing nan indah dan sensasi alam khas pegunungan. Kuliner yang ramah dengan kantong kita, juga ada.

Lahan seluas itu, dimiliki oleh pemerintah desa Ujungberung. Lahan itu sebagian besar ditanami pohon durian. Namanya pohon Durian Perwira.

2

Agrowisata itu dikelola oleh kelompok tani “Sari Tani”. Kelompok ini pulalah yang turut memasarkan durian khas Desa Ujunngberung itu.

Yang menarik dari Durian Perwira karena memang durian lokal asal Kabupaten Majalengka. Durian jenis ini tumbuh di sekitar Bukit Perwira nan asri itu.

BACA JUGA:Syekh Panji Gumilang Bangun Kapal-kapal Besar, Bakal 'Kuasai' Laut Indonesia

Tapi orang kebanyakan lebih mengena dengan sebutan Durian Sinapeul. Alasannya, durian jenis ini tumbuh di lahan milik warga blok Sinapeul. Salah satu blok di Desa Ujungberung.

Pohon durian tua itu ada yang usianya lebih dari dua ratus tahun. Pohon itu merupakan induk dari pohon durian yang ditanam di kawasan Bukit Perwira dan sekitarnya.

Sekarang ini, bukit tersebut berubah menjadi destinasi wisata yang indah dan menarik. Hal itu tak luput dari keseriusan warga setempat.

Tapi jika tidak bertemu Durian Perwira, jangan khawatir. Ada durian lokal varian lain yang rasanya manis dan legit.

BACA JUGA:Potensi Ekonomi Desa Guwa Kidul Cirebon Dipuji-puji Wagub Jabar Uu Rizhanul Ulum

Kategori :