Al Hikmah Gelar Seminar Al Quran

Selasa 13-06-2023,19:00 WIB
Reporter : Abdullah
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Yayasan Al-Hikmah Cirebon gelar Seminar Al-Qur'an dalam rangka Milad ke-25 tahun. Kegiatan ini dilaksanakan di Pesantren Tahfidz Qur'an Terpadu (PTQT) Al-Hikmah Putri, Selasa (13/6).

Dengan mengambil tema “Membangun Generasi Qur’ani Memajukan Negeri”, seminar ini menghadirkan Keyspeaker Nasional Syekh Khanova MaulanaLc, MAg yang merupakan Pembina Utama Indonesia Al-Qur’an Center sekaligus pemegang sanad Al-Qur’an Qira’at Asyrah (Sugra dan Kubro). Selain itu pembicara lain yakni Kang Sabron, seorang influencer dan konten creator tajwid di media social.

Ketua Yayasan Al-Hikmah Cirebon, KH Muslich Marzuki, Lc MAg melalui sekretaris Yayasan Al-Hikmah Cirebon, Ustadz Maman Herman, SPdI menyampaikan terimakasih kepada para peserta yang hadir dari berbagai pesantren di Kecamatan Dukupuntang.

“Alhamdulillah, kegiatan seminar Al-Qur’an ini mudah-mudahan dapat mendatangkan kebaikan dan kemuliaan bagi siapapun yang dekat dengan Al-Qur’an. Kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada berbagai pesantren dan Lembaga Pendidikan yang turut hadir dalam seminar ini”, ungkapnya.

BACA JUGA:Siapkan 5.584 Lowongan Pekerjaan, Job Fair Kabupaten Cirebon 2023 Diserbu Pencari Kerja

BACA JUGA:STMIK IKMI Jajaki Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Thailand

Dalam seminar tersebut, Syekh Khanova Maulana Lc MAg menyampaikan pentingnya untuk mengembalikan kesadaran pentingnya memuliakan dan menjaga Al-Qur’an. Menurutnya berbagai faktor yang dapat mendukung seseorang untuk bisa menghafal Al-Qur’an.

2

“Terdapat 6 kaidah menghafal Al-Qur’an yakni kurangi target, banyak mengulang, istiqomah, ringankan dosa, senantiasa beristighfar, dan berteman dengan orang-orang yang baik. Maka beruntunglah bagi orang-orang yang menghafal Al-Qur’an di dada dan hatinya, bukan hanya di lisan.” ungkapnya.

Ia pun tak lupa untuk mengingatkan pentingnya adab daripada ilmu dalam menghafal Al-Qur’an. Para santri hendaknya menghormati dan memuliakan guru mereka kapan pun dan di manapun.

Sementara itu Kang Sabron, seorang influencer dan konten creator tajwid di media social membagikan tips dan triknya untuk berdakwah di media social. Menurutnya maraknya penggunaan media sosial oleh masyarakat menjadi lahan dakwah dan menyebar kebaikan.

BACA JUGA:Pendaftar Calon Bawaslu Belum Capai 30 Persen Perempuan

BACA JUGA:Bakti di Tanah Kelahiran, Bacaleg NasDem Novi Widiarti Lakukan Ini

“Tingginya tingkat buta huruf al-Qur’an yakni 72 persen dan maraknya pengguna sosial media di Indonesia menjadi sebuah ironi. Hal ini bisa kita manfaatkan sebagai ladang dakwah untuk mengajarkan al-Qur’an dengan metode yang mudah dan menyenangkan melalui platfrom media sosial”, jelasnya

Kang Sabron mengajak peserta yang hadir untuk tidak malu untuk menebar kebaikan dan berdakwah melalui media sosial agar bisa tersebar ke seluruh masyarakat di penjuru dunia.

Kegiatan seminar ini berlangsung kondusif dan mendapat antusias yang tinggi dari peserta yang hadir. Banyak yang tidak sabar untuk berdiskusi dan bertanya kepada para pemateri terkait pentingnya menghafal dan mempelajari Al-Qur’an. (abd)

Kategori :

Terkait

Selasa 13-06-2023,19:00 WIB

Al Hikmah Gelar Seminar Al Quran