4 Orang Perompak Berhasil Dilumpuhkan Prajurit Lanal Cirebon, Para Sandra Dibebaskan

Selasa 18-07-2023,18:30 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Tatang Rusmanta

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Skenario latihan Glagaspur prajurit Lanal Cirebon kali ini melibatkan para perompak kapal. 

Sekelompok perompak berjumlah empat orang menggunakan perahu membajak sebuah kapal Tugboat bernama Capitol di perairan laut Cirebon menuju Pelabuhan Cirebon.

Para perompak berhasil naik ke atas kapal Tugbout Capitol lalu menyandera semua awak kapal dan melakukan penyiksaan.

Lanal Cirebon yang menerima laporan adanya pembajakan kapal tersebut langsung mengirim Tim F1QR menggunakan kapal Patkamla Eretan dan Patkamla Bondet menuju tempat kejadian perkara (TKP).

Sesampainya di TKP, Tim F1QR langsung naik dan berhasil melumpuhkan para perompak. 1 perompak terluka akibat tertembak di kakinya.

Sedangkan perompak lainnya berhasil ditangkap, dan para sandera berhasil diselamatkan.

Selanjutnya, para perompak dibawa ke dermaga Patkamla Lanal Cirebon dan diserahkan ke petugas Denpomal Lanal Cirebon untuk diperiksa.

2

BACA JUGA:Google Maps Al Zaytun 'Diserang' Ditulisi Pesantren Sesat, Open BO, Yahudi dan Malin Kundang

Setelah dilakukan pemeriksaan, para perompak diserahkan ke pihak kepolisian untuk diproses hukum lebih lanjut.

Para sandera maupun perompak yang terluka dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis.

Ini adalah skenario yang dibuat pada hari kedua pelaksanaan Uji Terampil Gladi Tugas Tempur atau Glagaspur Setingkat P1 dan P2 tahun 2023 Lanal Cirebon.

Di hari kedua, Selasa (18/7/2023), digelar sejumlah kegiatan ujian. Ujian pertama yang diikuti Prajurit Lanal Cirebon terdiri dari Perwira, Bintara dan Tamtama yakni uji kompetensi menembak sasaran menggunakan senjata jenis pistol dan laras panjang.

Kegiatan uji menembak tersebut berlangsung di lapangan tembak Arhanud 14/PWY Jl. Pilang, Kota Cirebon. Usai uji menembak, para Prajurit Lanal mengikuti uji renang militer di dermaga Pabean Pelabuhan Cirebon.

Terakhir, Tim Fleet One Quick Response (F1QR) diuji praktek kemampuan dalam pembebasan sandera diatas Kapal yang sedang berlayar.

"Kegiatan yang digelar selama dua hari ini dalam rangka penilaian Lanal Teladan 2023 yaitu menilai kemampuan dan propesionalisme Prajurit Lanal Cirebon dalam bidang Operasi dan Latihan," ujar Ketua Tim Penilai Kolonel (Mar) Idha Muhammad Basri yang juga menjabat sebagai Kasubdis Dukungan dan Operasi Disopslatal Mabes TNI AL kepada radarcirebon.com di sela-sela kegiatan, Selasa (18/7/2023).

Kategori :