16 Rute Penerbangan yang Direquest di Bandara Kertajati, Mungkinkah Terwujud Oktober Nanti?

Selasa 22-08-2023,06:15 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

Dia memastikan bahwa Bandara Kertajati sudah siap untuk melayani penerbangan baik domestik maupun internasional pada 29, Oktober 2023 nanti.

Seluruh perbaikan dan persiapan ini, diharapkan dapat rampung 100 persen pada akhir September 2023 untuk menyongsong penerbangan di Bulan Oktober.

Kemudian di awal Oktober juga akan dilaksanakan shadow operation yang tujuannya adalah memastikan kesiapan terminal keberangkatan dan kedatangan juga aspek lainnya.

BACA JUGA:Targetkan Menang Pemilu 2024, Ternyata Ini Cita-cita Partai Golkar di 2029 Mendatang

Seperti diketahui, Presiden RI, Ir Joko Widodo menyatakan bahwa pada Oktober nanti Bandara Kertajati akan beroperasi penuh dengan dukungan Tol Cisumdawu.

Karenanya, dilakukan penataan rute penerbangan antara Bandara Husein Sastranegara dengan Bandara Kertajati berdasarkan tipe pesawat.

Penataan rute tersebut adalah untuk pesawat jet yang pertama dipindahkan, kemudian maksimal 1 tahun akan dipindahkan juga pesawat baling-baling.

Sebagai gambaran, saat ini di Bandara Husein Sastranegara melayani sekitar 20-an pergerakan pesawat penumpang komersil per hari.

2

BACA JUGA:Kemenag Sidoarjo, Kanwil Jawa Timur dan Menag Yaqut Digugat Jamaah Haji Sebesar Rp 1,1 Miliar, Kok Bisa?

Rute yang dilayani adalah Bandung - Yogyakarta (PP) menggunakan pesawat ATR yang dioperasikan WingsAir.

Kemudian Bandung - Denpasar yang diperasikan Citilink dan Super Air Jet. Bandung - Kuala Namu, Bandung - Balikpapan, Bandung - Palembang yang dioperasikan Super Air Jet.

Kendati demikian belum diketahui apakah seluruh jadwal di Bandara Husein Sastranegara akan pindah ke Bandara Kertajati bersama 3 maskapai yang telah mengajukan rute domestik, atau hanya sebagian saja.

Kategori :