5 Manfaat Bengkoang untuk Perawatan Kesehatan Pada Anak

Selasa 16-01-2024,14:39 WIB
Reporter : Rio Aji
Editor : Rio Aji

BACA JUGA:Jaga Sinergitas, Kapolresta Cirebon Silaturahmi ke Jajaran Forkopimda Kabupaten Cirebon

4. Meningkatkan fungsi otak

Walau jumlahnya sedikit, vitamin B6 pada bengkoang dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan anak. Vitamin ini berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak dan mood.

Untuk memaksimalkan manfaat ini, Bunda bisa memberikan sumber vitamin B6 lainnya kepada Si Kecil, seperti pisang dan salmon.

5. Mencegah obesitas

Walau memiliki rasa yang manis, bengkoang jauh lebih sehat dibandingkan camilan atau minuman manis yang sering digemari oleh anak-anak.

Selain itu, sayur ini juga mengandung inulin, yaitu salah satu jenis serat larut air yang mampu mengontrol gula darah dan membuat kenyang lebih lama.

Dengan khasiatnya ini, bengkoang cocok dijadikan camilan sehat dan lezat untuk anak, tanpa meningkatkan risiko terjadinya obesitas.

2

Itulah tadi sederet manfaat bengkoang untuk kesehatan anak. Sayur ini bisa dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan jus bersama buah atau sayur lainnya.

Sebelum memberikan bengkoang kepada anak, pastikan Bunda hanya memilih bengkoang yang segar, mencucinya hingga bersih, dan mengupasnya terlebih dahulu.

Meski menyehatkan, sebagian anak mungkin bisa mengalami  alergi bengkoang. Jadi, bila Si Kecil mengalami gejala alergi setelah makan sayuran ini, seperti gatal-gatal, ruam, diare, dan muntah, segera bawa ia ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kategori :