7 Cara Meredakan Batuk Tanpa Harus Mengunakan Obat-Obatan

Selasa 23-01-2024,22:14 WIB
Reporter : Rio Aji
Editor : Rio Aji

RADARCIREBON.COM  Cara meredakan batuk tanpa obat ada bermacam-macam, mulai dari minum air putih yang cukup sampai mengonsumsi rempah tertentu, seperti jahe.

Cara ini bisa dicoba sebagai perawatan alami untuk mengobati di rumah, terutama ketika batuk mulai membandel dan mengganggu kenyamanan.

Batuk adalah respons alami tubuh untuk mengeluarkan atau membersihkan saluran pernapasan dari benda asing yang bersifat iritatif.

Batuk umumnya bisa sembuh sendiri dan bukan merupakan kondisi yang serius. Namun, untuk membantu mempercepat penyembuhan, Anda bisa mencoba cara meredakan batuk tanpa obat.

Meski demikian, jika batuk tak kunjung sembuh atau justru menjadi makin parah, Anda perlu waspada hal tersebut bisa saja disebabkan oleh penyakit yang lebih serius, seperti asma, ISPA, dan pneumonia. Untuk menangani batuk yang susah sembuh, Anda tetap perlu berkonsultasi ke dokter.

Cara Meredakan Batuk Tanpa Mengunakan Obat Obatan

Saat terkena batuk, Anda tidak perlu terburu-buru minum obat batuk. Ada beberapa cara meredakan batuk tanpa obat yang juga tak kalah ampuh, antara lain:

2

1. Minum air putih yang cukup

Orang dewasa perlu mengonsumsi air putih sekitar 2 liter atau 8 gelas per hari. Tak hanya berperan penting untuk mencegah dehidrasi, air putih juga bisa meredakan batuk.

Dengan menenggak air putih, dahak akan menjadi lebih encer sehingga iritasi pada tenggorokan berkurang. Dengan begitu, batuk pun bisa lebih cepat mereda.

2. Konsumsi madu

Cara meredakan batuk tanpa obat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi 1–2 sendok madu sebelum tidur. Berbagai riset mengungkap bahwa madu mempunyai fungsi yang sama dengan obat batuk, seperti dekstrometorfan, dalam meredakan batuk.

Manfaat madu ini bisa didapat karena madu dapat melapisi atau menenangkan selaput lendir di tenggorokan yang mengalami iritasi.

Selain itu, madu juga membantu mengurangi produksi dahak sehingga cukup efektif dalam meredakan batuk berdahak maupun batuk kering.

3. Makan nanas

Kategori :