7 Cara Meredakan Batuk Tanpa Harus Mengunakan Obat-Obatan

Selasa 23-01-2024,22:14 WIB
Reporter : Rio Aji
Editor : Rio Aji

Konsumsi nanas bisa membantu meredakan batuk. Cara meredakan batuk tanpa obat ini didapat karena kandungan bromelain di dalam nanas telah terbukti mampu meredakan peradangan dan mengencerkan dahak.

Selain bromelain, nanas juga kaya akan vitamin C. Vitamin ini diketahui dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga dapat membuat Anda cepat pulih dari sakit, termasuk dari keluhan batuk.

BACA JUGA:Gedung Bundar di Taman Kebumen Bakal Disulap, Ini Rencananya

4. Minum air jahe

Bila di dapur Anda tersedia jahe, cobalah untuk memanfaatkannya sebagai obat batuk alami. Jahe bisa meredakan batuk karena rempah ini bersifat antiradang dan antitusif alami, sehingga dapat menekan rangsang batuk.

Jahe juga dapat mengencerkan lendir atau dahak yang ada di paru-paru dan tenggorokan, sehingga batuk bisa lebih cepat sembuh.

Cara meredakan batuk tanpa obat ini cukup mudah. Tuangkan 3 cangkir air ke dalam panci dan masukkan 1 ruas jahe yang telah diiris tipis ke dalamnya.

Rebus sampai mendidih, lalu tuangkan air jahe ke cangkir. Teh jahe siap dikonsumsi dalam keadaan hangat.

2

5. Kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam tidak hanya membantu mengatasi sakit tenggorokan, tetapi juga batuk. Pasalnya, air garam dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan sekaligus mengencerkan dahak.

Cara meredakan batuk tanpa obat dengan berkumur menggunakan air garam juga mudah. Anda hanya perlu mencampurkan ½ sendok teh garam dengan 1 gelas air, lalu aduk hingga garam larut dan gunakan untuk berkumur.

Saat berkumur, tenggak air garam dan biarkan agar cairan tersebut tetap berada di tenggorokan selama beberapa menit, setelah itu keluarkan dari mulut.

6. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat atau menghirup uap hangat dapat meredakan batuk yang disertai dengan pilek. Ini karena uap panas yang dihasilkan oleh air hangat mampu mengencerkan dahak sekaligus melembapkan saluran napas. Hasilnya, batuk dan pilek yang Anda derita pun mereda.

Selain mampu meredakan batuk, mandi air hangat juga membawa sejumlah manfaat, seperti mengurangi stres dan nyeri otot, membuat tidur menjadi lebih nyenyak, dan melegakan pernapasan.

7. Gunakan air purifier

Kategori :