Sakit Gigi sampai Dengan ke Bagian Kepala, Ini Dia 8 Cara Mudah Mengatasinya

Senin 05-02-2024,19:45 WIB
Reporter : Rio Aji
Editor : Rio Aji

Bila ingin mengolahnya menjadi obat kumur, Anda perlu menghancurkan beberapa daun jambu biji yang sudah bersih kemudian rebus dengan air panas.

Gunakanlah air rebusan tersebut untuk berkumur secara rutin agar sakit gigi sampai ke kepala dapat mereda dengan cepat.

7. Kompres gigi dengan minyak cengkeh

Senyawa eugenol yang terkandung dalam minyak cengkeh dikenal berkhasiat untuk meredakan sakit gigi. Hal ini karena senyawa tersebut dapat berperan sebagai obat penghilang rasa nyeri sekaligus memiliki sifat antimikroba alami untuk membunuh berbagai bakteri, termasuk bakteri penyebab sakit gigi.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa melakukan kompres gigi menggunakan minyak cengkeh dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Campurkan 3–5 tetes minyak cengkeh dengan 1 sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun.
  • Rendam kapas ke dalam campuran minyak tersebut.
  • Tempelkan kapas yang sudah terendam ke gigi yang sakit selama 5–10 menit.
  • Setelah selesai, berkumurlah untuk menghilangkan sisa minyak di dalam mulut.

8. Konsumsi obat pereda nyeri

Selain dengan cara alami, meredakan sakit gigi sampai ke kepala juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen dan paracetamol.

Kedua obat tersebut bekerja dengan cara menghambat produksi senyawa di dalam tubuh yang menimbulkan rasa nyeri, termasuk nyeri ketika sakit gigi.

2

Obat pereda nyeri umumnya bisa Anda dapatkan di apotek. Meski begitu, pastikan untuk mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan obat.

Itulah beberapa cara mudah mengatasi sakit gigi yang bisa Anda lakukan. Bila kondisi sakit gigi teratasi dengan baik, keluhan sakit kepala sebelah atau migrain pun akan ikut menghilang dengan sendirinya.

Namun, bila berbagai cara mengatasi sakit gigi sampai ke kepala sudah Anda lakukan tetapi keluhan migrain tetap muncul atau justru bertambah parah, segera periksakan diri ke dokter gigi untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Meskipun sakit kepala sudah hilang, Anda tetap disarankan berobat ke dokter agar penyebab sakit gigi sampai ke kepala bisa diatasi tuntas untuk mencegah keluhan berulang kembali.

Nantinya, dokter mungkin saja akan memberikan cara mengatasi sakit gigi sampai ke kepala dengan metode lainnya, seperti menambal gigi, memasang crown gigi, atau bahkan melakukan cabut gigi, agar sakit gigi cepat sembuh dan keluhan sakit kepala bisa mereda dan tidak dirasakan lagi.

Kategori :