5 Cara Menghindari Kebiasaan Belanja yang Berlebihan

Kamis 08-02-2024,03:50 WIB
Reporter : Rio Aji
Editor : Rio Aji

BACA JUGA:Tegas! Inilah Pesan Presiden Jokowi Sepekan Jelang Pemungutan Suara

BACA JUGA:Isi Kekosongan Jabatan, 12 Pejabat di Kabupaten Cirebon Ikuti Uji Kompetensi Seleksi Terbuka JPTP

Membandingkan harga akan membantu Anda memutuskan apakah barang yang dipromosikan menguntungkan atau tidak.

Tidak hanya membantu Anda untuk tidak belanja berlebihan, daftar belanja juga membantu Anda untuk tidak menghabisakan terlalu banyak waktu untuk belanja.

2. Jauhi Mal dan Shopping Center

Saat ingin membeli barang tertentu, biasakan untuk mendatangi toko terdekat saja. Dengan langsung mendatangi toko terdekat, Anda akan cenderung jarang belanja berlebihan.

Bayangkan bila Anda hanya ingin membeli obat batuk, tentu Anda dapat dengan mudah menemukannya di apotek atau mini market terdekat.

BACA JUGA:Legenda Real Madrid Mengejek Xavi Hernandez: Gak Bisa Melatih!

2

Namun bila Anda membelinya di mal, kemungkinan Anda akan tertarik untuk melihat toko dan membeli barang lain. Mungkin Anda pernah mengalami kejadian di mana Anda hanya berniat membeli satu barang tetapi pulang dengan lebih banyak barang.

Apabila Anda sulit mengontrol diri, berbelanja di mal dapat mendorong Anda untuk belanja secara berlebihan. Jadi bila memungkinkan, hindari terlalu sering pergi ke mal dan shopping center.

3. Bawa Dana dan Kartu Kredit Secukupnya

Pastikan Anda membawa uang belanja secukupnya. Apabila Anda mempunyai lebih dari satu kartu kredit dan debit, cukup bawa salah satu saja.

Membawa terlalu banyak metode pembayaran dengan jumlah uang yang besar dapat mendorong Anda untuk belanja lebih banyak.

BACA JUGA:Maret dan April Mendatang Akademisi Unpad Akan Lakukan Penelitian Tentang Potensi Cirebon Timur

Pastikan dana yang Anda bawa sesuai dengan anggaran bulanan belanja Anda. Apabila Anda ingin belanja produk idaman tertentu, cobalah untuk mencari tahu harganya terlebih dahulu sehingga Anda bisa mempersiapkan dana yang cukup dan tidak berlebihan saat Anda ingin membelinya.

4.Jangan Biasakan Terapi Belanja

Kategori :