5 Cara Menghindari Kebiasaan Belanja yang Berlebihan

Kamis 08-02-2024,03:50 WIB
Reporter : Rio Aji
Editor : Rio Aji

Ketika sedang stress atau merasa sedih, mungkin sebagian dari Anda memiliki kebiasaan tertentu untuk berusaha membahagiakan diri.

Beberapa orang memilih untuk makan, tetapi ada juga yang biasa melakukan terapi belanja. Terapi belanja ini sangat berbahaya dan berpotensi membuat pengeluaran Anda membengkak.

Alasan menyenangkan diri sendiri dibuat menjadi justifikasi untuk belanja lebih banyak. Padahal belum tentu barang yang Anda beli itu benar-benar Anda butuhkan.

BACA JUGA:Dihadapan Forkompinda se-Jabar, Bey Machmudin: Pertahankan Kondusivitas hingga Akhir Tahapan Pemilu 2024

Kemungkinan besar barang yang Anda belanjakan dibeli secara impulsif dan kurang dipikirkan matang-matang. Membahagiakan diri sendiri tentunya diperlukan sesekali, tapi tentu tidak baik apabila nantinya akan merugikan Anda.

Anda bisa mencoba cara lain untuk menenangkan diri tanpa menghabiskan uang banyak, seperti menghabiskan waktu dengan orang terdekat atau dengan beristirahat di rumah sejenak.

5. Hati-Hati Ketika Belanja Bersama

Anda pastinya pernah menghabiskan waktu bersama teman-teman dengan jalan-jalan dan berbelanja. Belanja bersama tentunya berbeda dengan belanja sendiri.

2

Tidak hanya mengunjungi toko yang Anda minati, Anda juga ikut menemani teman ke toko yang mereka minati juga.

BACA JUGA:Ketahuilah 4 Manfaat Belanja Bagi Kesehatan Mental

Apabila  tidak berhati-hati, bisa jadi Anda mudah tergiur sehingga ikut membeli barang yang dibeli teman Anda. Momen belanja bersama sebaiknya Anda manfaatkan agar dapat menimbang lebih baik barang yang akan Anda beli.

Teman-teman Anda bisa membantu Anda untuk menentukan apakah perlu membeli barang yang Anda pilih, atau adakah plihan yang lebih hemat dan tepat.

Berbelanja barang-barang baru memang dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Tentunya akan lebih menyenangkan jika kegiatan belanja tersebut tidak merugikan Anda dengan menghabiskan banyak penghasilan Anda.

Semoga tips berikut bisa membantu Anda menghindari belanja berlebihan dan lebih menghemat pengeluaran Anda. (*)

Kategori :