Alhamdulillah! Berkat Inisiasi Indonesia, UNESCO Akui Idul Fitri dan Adha Sebagai Hari Besar Keagamaan

Rabu 03-04-2024,08:00 WIB
Reporter : Moh Junaedi
Editor : Moh Junaedi

BACA JUGA:Tegas! Kwarda Pramuka Jabar Tolak Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024

Keputusan ini juga memiliki signifikansi penting bagi Indonesia, terutama sebagai salah satu negara dengan jumlah populasi Muslim terbesar di dunia.

Penetapan ini akan memperkuat profil Indonesia di panggung internasional, menegaskan nilai-nilai penting yang dijunjung tinggi oleh Indonesia, seperti keberagaman, solidaritas, persatuan, dan kebersamaan.

Dia melanjutkan, berkat pengusulan ini Indonesia meminta UNESCO untuk mengambil langkah positif dalam mendorong nilai inklusivitas terhadap keragaman budaya dan keagamaan, terutama dalam penghormatan terhadap hari raya yang penting bagi seluruh umat Muslim di dunia.

BACA JUGA:Tegas! Kwarda Pramuka Jabar Tolak Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2022

BACA JUGA:Gelar Operasi Pekat Selama Ramadan, Polres Ciko Tangkap Pelaku Kejahatan Ini

Dalam konteks meningkatnya sentimen Islamofobia, pengakuan terhadap hari raya Idul Fitri dan Idul Adha juga berperan penting dalam mempromosikan toleransi dan dialog antar-agama serta berkontribusi positif terhadap upaya menciptakan perdamaian.

"Pengakuan hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha di UNESCO menekankan pada dedikasi UNESCO dalam mempromosikan dialog antarbudaya dan inklusivitas serta berkontribusi pada persatuan dan kesatuan global," pungkasnya. (*)

Kategori :