AHM Target Jual Beat 1 Juta Unit

Senin 24-01-2011,06:00 WIB
Reporter : Dedi Darmawan
Editor : Dedi Darmawan

CIREBON - PT Astra Honda Motor (AHM) mengawali tahun 2011 dengan meluncurkan produk terbaru. Kali ini mereka mengeluarkan Honda Beat dengan tampilan baru yang lebih stylish dan ekspresif guna memenuhi keinginan konsumen. Direktur Pemasaran AHM, Auddie Alexander Wiranata mengatakan, tren pertumbuhan pasar sepeda motor berkembang pesat. AHM berhasil mengakhiri 2010 dengan membukukan penjualan sebanyak 3.416.049 unit atau sekitar 46,3 persen pangsa pasar. Honda Beat menyumbangkan sekitar 20,8 persen terhadap total penjualan sepanjang tahun lalu. Pertumbuhan penjualan motor yang tinggi ini juga diikuti oleh melonjaknya permintaan jenis motor skutik. Auddie menjelaskan pada 2006, saat pertama kali AHM masuk ke segmen ini, pangsa pasar skutik di pasar motor nasional hanya mencapai 8,30 persen atau 371.166 unit. “Kurun waktu empat tahun, pangsa pasarnya melambung menjadi 45,64 persen atau 3.376.536 unit pada 2010,” terangnya kepada Radar dalam siaran pers, Sabtu (22/1). Penjualan skutik Honda, lanjut Auddie, mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada awal kehadirannya di 2006, pangsa pasar Honda di kelas skutik hanya 19,9 persen atau 74.183 unit. Seiring komitmen perusahaan untuk menggarap pasar skutik, pangsa pasar pun terus membesar. Sekitar 45,8 persen dari total penjualan skutik Honda tahun lalu merupakan kontribusi Honda Beat. Untuk mempertahankan keberadaannya sebagai trendsetter skutik di kalangan remaja, sambung Auddie, tahun ini AHM membekali Honda Beat dengan warna dan tampilan striping baru, sehingga tampilannya lebih stylish. Skutik ini memiliki konsumsi bahan bakar yang irit dan ukuran desain body compact yang sesuai dengan profil tubuh rata-rata masyarakat Indonesia. “Ini membuatnya nyaman dan lincah dipakai untuk menembus kemacetan lalu lintas,” katanya. Auddie mengungkapkan penjualan Honda Beat yang cukup tinggi menggambarkan produk tersebut diterima baik oleh masyarakat. Pihaknya berharap perubahan warna dengan striping baru dapat memenuhi keinginan remaja dan juga orang dewasa yang berjiwa muda. New Honda Beat dipasarkan mulai Januari 2011. Motor ini hadir dengan 5 pilihan warna ceria. Dipasarkan dengan harga Rp11,7 juta untuk tipe jari-jari (on the road Jakarta) dan Rp12,5 juta untuk tipe racing. “AHM menargetkan penjualan Honda Beat di tahun ini dapat mencapai 1 juta unit,” bebernya. Pertumbuhan penjualan motor Honda juga tampak di dealer Adira Motor. Menurut BM Adira Motor Cirebon, Rudi Purnama, pada 2009 pihaknya menargetkan total penjualan sekitar 2.500 unit setahun, lalu melonjak menjadi 3.200 unit di 2010 dan di 2011 kembali ditingkatkan menjadi 4.500 unit. “Selama Januari ini saja kami targetkan 350 unit all varian Honda akan dipasarkan. Persaingan tentu makin ketat, tapi kami optimis tiap inovasi motor Honda selalu direspons positif oleh masyarakat,” tuturnya. (ron)

Tags :
Kategori :

Terkait