6.599 Pantarlih Dilantik untuk Pastikan Data Pemilih Akurat

Selasa 25-06-2024,14:00 WIB
Reporter : Samsul Huda
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pilkada serentak 2024 memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih. Kemarin, sebanyak 6.599 petugas pemutakhiran data pemilih atau Pantarlih atau PPDP dari 424 desa/kelurahan secara serentak dilantik. Seluruh pantarlih mengucapkan sumpah janji dan menandatangani pakta integritas.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Esya Karnia Puspawati, menjelaskan pelantikan Pantarlih diselenggarakan di masing-masing kecamatan dan desa. Padahal sebelumnya, pelantikan direncanakan secara serentak.
Namun, terkendala teknis dalam mengumpulkan lebih dari 6.000 orang.

"Akhirnya pelantikan diserahkan ke masing-masing kecamatan dan desa," ujar Esya. Meski digelar terpisah, Esya memastikan bahwa standar formal pelantikan tetap terpenuhi. Ia juga mengapresiasi kehadiran jajaran Bawaslu yang turut serta mengawasi pelantikan ini.

"Kami berterima kasih kepada Bawaslu yang telah mendampingi dan mengawasi proses pelantikan ini," terangnya. Setelah pelantikan, sambung Esya, para Pantarlih langsung mengikuti bimbingan teknis (bimtek).

BACA JUGA:Kasus Perumda Bank Cirebon Sejak 2010, Kerugian Negara Lebih dari Rp3 Miliar

Bimtek ini penting agar Pantarlih memiliki bekal yang memadai untuk pencocokan dan penelitian (coklit) di lapangan. Termasuk pelatihan dalam menggunakan aplikasi E-Coklit.

"Pasca pelantikan dan bimtek, Pantarlih akan segera bertugas mencocokkan data pemilih yang berasal dari Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4). Mereka akan melakukan coklit dari rumah ke rumah dan menempelkan stiker berisi data calon pemilih," paparnya.

Esya menambahkan, untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah pemilih lebih dari 400, akan ada dua Pantarlih. Sementara TPS dengan kurang dari 400 pemilih hanya akan memiliki satu Pantarlih. Sementara, total jumlah TPS di Kabupaten Cirebon mencapai 3.310.

"Dengan pelantikan dan pelatihan ini, diharapkan proses pemutakhiran data pemilih Pilkada 2024 di Kabupaten Cirebon dapat berjalan lancar dan akurat," pungkasnya. (sam)

BACA JUGA:Digeledah Jaksa, Ada Kasus Apa di Perumda Bank Cirebon?

Kategori :