DPRD Timba Ilmu Penerapan PBG di DPUPKP Yogjakarta

Rabu 10-07-2024,13:30 WIB
Reporter : Samsul Huda
Editor : Leni Indarti Hasyim

RADARCIREBON.COM - KOMISI III Kabupaten Cirebon melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta dan DPRD Kabupaten Sleman. Kunjungan yang berlangsung selama empat hari itu membahas berbagai persoalan di Kabupaten Cirebon. Salah satunya, terkait Perizinan Bangunan Gedung (PBG) dan mempelajari kewenangan pelimpahan bupati.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Teguh Rusiana Merdeka SH mengatakan, kunjungan kerja ke Yogjakarta sesuai dengan tupoksinya di masing-masing komisi. Komisi I menyangkut persoalan pelimpahan kewenangan bupati, sementara komisi III berkaitan dengan PBG.

Sedangkan untuk komisi II dan IV ke DPRD Kulonprogo dan Kota Yogyakarta membahas penyertaan modal BPR dan investasi pada PDAM serta optimalisasi pelayanan kesehatan  dalan penerapan UHC.

"Semua yang dibahas menjadi perhatian penting bagi DPRD untuk diterapkan di Kabupaten Cirebon," kata Teguh, kepada Radar.

Koordinator Komisi III itu menyampaikan, dalam kunjungan ke DPUPKP, dibahas berbagai aspek perizinan bangunan, mulai dari proses pengajuan izin hingga pengawasan dan penegakan aturan bangunan.

Artinya, kunjungan ini merupakan bagian dari upaya DPRD Kabupaten Cirebon untuk belajar dari pengalaman Kota Yogyakarta dalam mengelola perizinan bangunan.

BACA JUGA:Bendungan Cipanas Diresmikan, Pj Bupati Sumedang Bakal Bahas Potensi Wisata dengan Bupati Indramayu

"Dalam diskusi tersebut juga dibahas tantangan-tantangan yang dihadapi dalam proses perizinan bangunan, seperti kendala teknis dan regulasi yang kompleks. Kedua belah pihak sepakat bahwa perlu adanya peningkatan kapasitas dan pemahaman para pemangku kepentingan terkait perizinan bangunan agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat," terangnya.

Menurutnya, kunjungan kerja ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi DPRD Kabupaten Cirebon dalam mengembangkan sistem perizinan bangunan yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

"Melalui kunjungan ini, kami dapat membawa pulang pengetahuan dan pengalaman yang berharga untuk meningkatkan pelayanan publik di bidang perizinan bangunan di Kabupaten Cirebon," pungkasnya. (sam)

BACA JUGA:Tim Hotman Paris Ingin Pegi Setiawan Ditangkap dan Jadi Tersangka Lagi? Reza Langsung Meluruskan

Kategori :