Penjabat Gubernur Jabar Ingatkan ke ASN Jelang Pilkada: Harus Netral

Rabu 10-07-2024,21:00 WIB
Reporter : Moh Junaedi
Editor : Moh Junaedi

BANDUNG, RADARCIREBON.COM – Mendekati Pilkada Serentak 27 November 2024, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap netral dan tidak terlibat politik praktis. 

Bey meminta komitmen para ASN dengan menunjukkan integritasnya sebagai abdi negara dan abdi rakyat, dengan tidak terlibat sama sekali dalam percaturan politik. 

Hak politik ASN sebagai warga negara, kata Bey, hanya bisa disalurkan di bilik suara pada hari pencoblosan, dan tidak ditunjukkan dalam keseharian apalagi sampai terekam di media sosial. 

BACA JUGA:Kecekalaan Beruntun di Tol Cipularang Libatkan 9 Kendaraan, 3 Orang Alami Luka-luka

BACA JUGA:Pelaku Jambret HP Papasan dengan Korban di Jalan, Dihakimi Warga

BACA JUGA:Kawanan Monyet Mulai Invasi Pemukiman Warga di Kuningan, Sifatnya Lebih Galak

"Saya tidak basa-basi tentang azas dan netralitas ini," ujar Bey Machmudin saat Sosialisasi Netralitas ASN garapan Badan Kepegawaian Daerah Jabar bersama Dinas Kominfo yang dilakukan secara daring dalam IKP Talks, Rabu 10 Juli 2024.

2

"Kalau saya bicara netral, ya harus netral. Tidak perlu kita memihak atau berpihak," tambah Bey. 

Menurutnya, ASN memiliki tugas pokok melayani masyarakat tanpa melihat latar belakang dan keberpihakan politik seseorang. 

BACA JUGA:Timnas Wanita Indonesia Tiba di Hongkong, Pertandingan Tayang di TV Mana?

BACA JUGA:Saka Tatal Akan Sidang PK Kasus Vina Cirebon, Farhat Abbas Ajak Warga Cirebon Hadir

BACA JUGA:Kondisi Internal KNPI Majalengka Tidak Kondusif, Sekum Pilih Mundur

"Tugas dari ASN adalah melayani masyarakat dengan baik tanpa memperhatikan apapun juga (tanpa pandang bulu), untuk meningkatkan kesejahteraan," katanya. 

Menurut Bey, edukasi kepada ASN penting dilakukan mengingat Pilkada Serentak tinggal lima bulan lagi. Karena itu sosialisasi kepada ASN hari ini digelar. 

Selama tahapan pilkada terus berjalan di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bey meminta seluruh ASN tetap fokus bekerja dan tidak tergoda ikut campur dalam politik praktis. 

Kategori :