SD Islam Al Azhar 3 Cirebon Tuan Rumah Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

Sabtu 13-07-2024,09:30 WIB
Reporter : Abdullah
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM -SD Islam Al Azhar 3 Cirebon menjadi  Tuan Rumah Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) SD Islam Al Azhar  Wilayah IV (Jawa barat, Jawa Timur, Brebes dan Tegal). Acara digelar selama 2 hari (12-13/7) di aula sekolah.

Kasie Kurikulum dan Pengembangan  Program Jenjang SD Islam Al Azhar YPI Al Azhar, Nani Ariyani MPd mengatakan, kegiatan ini program adalah program pendidikan dasar menengah  YPI Al azhar dalam melakukan pelatihan pembinaan dan praktik membuat administrasi terkait kurikulum merdeka.

Kegiatan Ini, kata Nani, diselenggarakan terbagi kedalam 6 wilayah, wilayah 1 Jabodetabek, wilayah 2  Jabodetabek, wilayah 3 Jateng dan DIY, wilayah 4 Jatim, Jawa barat,  Brebes dan Tegal. Sedangkan Wilayah 5 dan 6 di pulau Sumatera Kalimantan dan Sulawesi.

“Workshop ini diselenggarakan setiap tahun dan ini tahun ketiga karena  sekolah Al azhar mengikuti kebijakan pemerintahan kurikulum merdeka,” ujarnya.

BACA JUGA:Dedi Mulyadi Ungkap Keberadaan Aep dengan Menggali Keterangan Ayahnya

Nani menjelaskan. Semua kelas sudah implementasi kurikulum merdeka ditahun ketiga. Dalam workshop menghadirkan bagian kurikulum dan program, pengawas pendidikan dan beberapa kepala sekolah yang ditunjuk based practise.

Karena ada sekolah penggerak dan kepala sekolah penggerak yang sudah rancang  sejak awal sehingga mereka punya pengalaman kurikulum lebih awal. “Workshop ini digelar 2 hari 12-13 Juli 2024,” bebernya.

2

Acara ini diikuti 14 sekolah SD Islam Al Azhar mengikuti kegiatan ini. Pesertanya guru guru kelas 3 dan 6 karena ditahun sebelumnya belum implementasi walaupun ada sekolah yang sudah mengimplementasikan. Harapan kegiatan ini menjalin silaturahim karena sekolah Al azhar tersebar di 32 provinsi , 76 sekolah SD.

Dengan pertemuan seperti ini menjadi ajang silaturahim. Banyak hal yang bisa kota sinergikan. Memberikan pembekalan kepada guru, karena YPI Al Azhar punya standardisasi penjaminan mutu pendidikan di bawah naungan YPI Al Azhar, sehingga adanya standardisasi penjaminan mutu.

BACA JUGA:Ranperda P2APBD 2023 Jabar Sah Menjadi Perda, Bey Machmudin Sampaikan KUA PPAS 2025

Memang rata rata sekolah Al azhar ini menengah ke atas. Bertemu yayasan ada hal hal bisa membangun komunikasi sehingga tahu keunggulan masing-masing sekolah. Pihaknya menegaskan YPI Al Azhar saat ini menggiatkan adab, menanamkan nilai nilai adab dan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari selain keunggulan akademik.

Kepala SD Islam Al Azhar 3 Cirebon Ucu Supardi MPd mengapresiasi SD Islam Al Azhar 3 Cirebon menjadi tuan rumah dan kedatangan tamu pejuang pejuang hebat hadirnya direktorat YPI Al Azhar dan Jatim, Jabar Brebes dan Tegal.

Bagi teman teman luar daerah, kata Ucu,  mungkin belum tahu SD Islam Al Azhar 3 Cirebon yang langsung didirikan oleh Buya Hamka. Kami punya situs rumah Buya Hamka dan bentuknya masih asli. Memang Al Azhar Cirebon termasuk luar biasa menjadi spirit Al Azhar Luar Cirebon, jadi bisa memacu semangat kami untuk bangkit akademik, adab, sains. (abd)

Kategori :