SDN 3 Kasugengan Lor Deklarasi Anti Bullying di Sekolah

Kamis 18-07-2024,17:30 WIB
Reporter : Cecep Nacepi
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Patut dicontoh. Pada tahun ajaran baru, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Kasugengan Lor, Kecamatan Depok, menggelar deklarasi anti bullying, pada Kamis (18/7/2024).

Kegiatan deklarasi anti bullying ini, berlangsung di halaman sekolah dengan dihadiri oleh seluruh siswa, guru, staf sekolah, serta perwakilan dari Komite Sekolah, Kepolisian, dan Koramil.

Dalam deklarasi tersebut, seluruh siswa SDN 3 Kasugengan Lor berikrar untuk tidak melakukan bullying kepada siapa pun. Mereka juga berjanji untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan.

Kepala Sekolah SDN 3 Kasugengan Lor, Sofyan Sanjaya,  menyampaikan bahwa bullying merupakan salah satu masalah yang harus diwaspadai di sekolah. Bullying dapat memberikan dampak negatif bagi korban, baik secara fisik maupun mental.

BACA JUGA:Megawati Pengawal Konstitusi: Perjuangan seorang Ibu yang Tak Kunjung Usai

"Oleh karena itu, kami ingin membangun sekolah yang bebas dari bullying. Kami berharap dengan deklarasi ini, siswa-siswi kami dapat belajar untuk hidup bersama dengan damai dan saling menghormati," kata ujar Sofyan Sanjaya.

Menurutnya, Bullying merupakan masalah yang serius dan harus ditangani dengan serius. Dengan deklarasi seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bullying dan mendorong terciptanya lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua siswa.

Katanya, deklarasi anti bullying ini merupakan salah satu langkah SDN 3 Kasugengan Lor untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua siswa. Sekolah juga akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi tentang bullying kepada siswa, guru, dan staf sekolah.

Tidak hanya itu, Sofyan Sanjaya juga menyampaikan pesan anti bullying yang disampaikan kepada siswa. Pesan pertama disampaikan, adalah     Bullying itu salah. Bullying adalah tindakan yang menyakiti orang lain, baik secara fisik maupun mental.

BACA JUGA:Epson Memperkenalkan Printer In-Line Monna Lisa Direct-to-Fabric Langkah Tunggal Baru dengan Tinta Pigmen

"Beranikan diri untuk melawan bullying. Jika kamu melihat atau mengalami bullying, jangan ragu untuk melaporkannya kepada orang dewasa yang kamu percaya," katanya.

Diakhir pesan dalam deklarasi tersebut, Sofyan Sanjaya mengajak    bersama-sama kita ciptakan sekolah yang bebas dari bullying. "Kita semua dapat berperan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua siswa," tutupnya. (cep/opl)

Kategori :