Cegah Stunting, LPS Gelar Pelayanan Kesehatan dan Pemeriksaan Dini Stunting Gratis

Sabtu 20-07-2024,18:00 WIB
Reporter : Cecep Nacepi
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dalam rangka menurunkan angka stunting,  Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggelar kegiatan sosial kemasyarakatan berupa pelayanan kesehatan dan pemeriksaan dini stunting secara gratis bagi warga di Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon.

Kegiatan tersebut digelar selama dua hari, dari hari Jum'at 19 Juli sampai 20 Juli 2024. Pelayanan kesehatan ini diberikan kepada 600 masyarakat umum dan 300 ibu hamil, serta pemeriksaan dini stunting diberikan kepada 200 anak balita.

Adapun peserta kegiatan berasal dari 9 Desa yang ada di Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon.

“Diharapkan pula dapat turut serta mendukung program pemerintah dalam upaya menurunkan angka prevalensi stunting di wilayah Jawa Barat,” kata Direktur Eksekutif Klaim dan Resolusi Bank LPS, Suwandi.

BACA JUGA:Emak-emak Kompak Ngecat Kelas 1 SDN Klayan, Dukung Anak Sekolah

Nantinya dalam pelayanan kesehatan gratis, masyarakat umum akan mendapatkan pemeriksaan gula darah sewaktu, asam urat dan kolesterol. Kemudian, setiap peserta yang telah melakukan pemeriksaan akan mendapatkan obat dan juga vitamin sesuai rekomendasi dari dokter.

Selanjutnya, untuk ibu hamil akan mendapatkan pemeriksaan hemoglobin, glukosa urine dan protein urine. Setiap ibu hamil yang telah melakukan pemeriksaan juga akan mendapatkan obat dan vitamin sesuai rekomendasi dokter.

Dan terakhir, untuk balita stunting akan mendapatkan skrining stunting, pemeriksaan darah rutin dan pemeriksaan mantoux, setelah pemeriksaan, setiap balita akan mendapatkan bingkisan berisi susu formula, vitamin, biskuit bayi, dan juga telur.  

"Kami berkomitmen dan terus berupaya meningkatkan tingkat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan harapan dapat terciptanya kualitas kesehatan yang lebih baik kepada anak-anak, ibu hamil dan masyarakat umum," terangnya.

BACA JUGA:Soal Program Pengangkatan Tenaga Honorer Jadi ASN 2024, Begini Penjelasan MenPANRB

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program yang diadakan LPS melalui LPS Peduli Bakti Bagi Negeri, yaitu program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diadakan secara rutin oleh LPS sebagai wujud kepedulian LPS kepada masyarakat.

Melalui KSK ini, LPS pun berharap akan semakin dikenal masyarakat, sehingga masyarakat juga lebih nyaman dan aman dalam menyimpan dananya di perbankan seluruh Indonesia, karena simpanannya dijamin oleh LPS hingga Rp 2 miliar per nasabah per bank di Indonesia, baik di bank umum maupun Bank Perekonomian Rakyat (BPR)

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Neneng Hasanah mengatakan, kegiatan pelayanan dan pemeriksaan dini stunting secara gratis, merupakan yang pertama di Kabupaten Cirebon. Sasarannya pun cukup banyak, sekitar ribuan masyarakat.

"Hari ini dan besok ada 1100 sasaran yang dilakukan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), dan screning dalam satu siklus kehidupan. Baik itu ibu hamil, balita hingga lansia. Ada 300 ibu hamil kita lakukan screning supaya ibu dan bayi sehat," paparnya.

BACA JUGA:SE Judol Disebar, Sanksi Cukup Berat

Menurutnya, kesehatan merupakan masalah mendasar. Karena seseorang tidak bisa melakukan aktivitas tanpa badan yang sehat. Karena itu, kegiatan sosial pelayanan kesehatan gratis sangat bermanfaat untuk masyarakat.

"Pelayanan ini gratis. Selanjutnya pun bisa gratis dengan menggunakan BPJS. Mudah-mudahan kegiatan ini tidak dilakukan disini saja, tapi juga di Kecamatan lain juga," tandasnya. (cep)

Kategori :