Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Gelar Pertamina UMK Academy 2024 Kelas 2

Senin 22-07-2024,14:30 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Leni Indarti Hasyim

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) menggelar lanjutan rangkaian Pertamina UMK Academy 2024 bertempat di Jakarta pada Rabu (17/7) hingga Kamis (18/7) lalu. Kegiatan pelatihan ini merupakan kelas lanjutan bagi para pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yang telah terpilih melalui seleksi regional dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Banten dan Karawang. Selama 2 hari berturut-turut, sebanyak 147 peserta antusias berpartisipasi dalam program pelatihan Kelas II yang diberikan oleh Pertamina.  

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui kegiatan UMK Academy 2024 ini, Pertamina terus mendukung dan mendorong pertumbuhan UMK yang berkelanjutan melalui pelatihan secara optimal.

“Sejalan dengan SDGs poin 8, Pertamina Patra Niaga Regional JBB dalam hal ini berkomitmen dalam meningkatkan kualitas usaha Indonesia melalui Pertamina UMK Academy 2024 dan tujuan ini terimplementasikan melalui semangat para peserta dalam menyerap seluruh ilmu yang didapatkan melalui pelatihan ini,” tutur Eko.

Pertamina UMK Academy 2024 sendiri mengusung tema Beri Energi Baru Menuju UMK Maju yang terdiri dari empat kelas yakni Go Modern, Go Online, Go Digital dan Go Global. Tak hanya memberikan energi kepada masyarakat, Pertamina Patra Niaga JBB terus berkomitmen untuk mendukung pengembangan UMK sebagai dukungan yang sejalan dengan Sustainable Development Goals poin 8 yaitu Menyediakan Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (Decent Work and Economic Growth).

BACA JUGA:Ekajaya Berrindo Komitmen Cetak Wirausaha

Dalam kegiatan pelatihan Pertamina UMK Academy kelas 2 tersebut , Pertamina memberikan pembinaan lebih lanjut mengenai pentingnya perencanaan bisnis yang baik, bagaimana pola pikir perencanaan yang matang untuk mencapai kesuksesan jangka panjang, cara jitu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat relasi usaha demi meningkatkan kolaborasi serta mendorong pertumbuhan usaha yang berkelanjutan bagi para pererta.

Selain melakukan pemaparan materi, para pelaku usaha juga didukung untuk selalu aktif dan berkolaboratif saat sesi brainstorming dengan peserta lain sehingga terjalin network satu sama lain.
 
Zul Fahmi, salah satu peserta yang menggeluti bidang kuliner dengan usaha ‘Kedai Bang Zul’ mengaku bahwa pelatihan Pertamina UMK Academy 2024 ini sangat berbobot dan bermanfaat karena menurutnya sebagai seorang pengusaha harus memiliki dasar atau landasan yang kuat dalam membangun sebuah usaha dan melalui acara ini, seluruh kebingungan yang dihadapi olehnya sudah sangat terjawab.

“Setelah menerima materi yang disediakan dalam acara Pertamina ini, untuk membuat produk yang berkualitas, cara mengelola complain dari customer terutama proses perencanaan penjualan, Standard Operating Procedure (SOP), image serta promosi produk, semua materi ini sangat terpakai dan berkontribusi 100% dalam usaha yang sedang saya kembangkan sekarang,” ucap Zul.

BACA JUGA:Anak Bacok Ibu Kandung di Indramayu, Diduga Depresi

Melihat besarnya minat dari para UMK, Pertamina JBB melakukan seleksi ketat berdasarkan komitmen, produk, prospek bisnis serta kontribusi terhadap masyarakat dan lingkungan. Peserta yang lolos seleksi regional akan mengikuti pembinaan dan pelatihan serta berkesempatan mengikuti pameran di level regional dan nasional. 

Peserta yang menunjukkan komitmen tinggi dapat memenangkan hibah alat teknologi oleh Pertamina. Maka dari itu, Pertamina berkomitmen mendukung UMK untuk naik kelas dan mendorong perekonomian nasional, yang juga sejalan dengan target Net Zero Emission 2060 dan penerapan Environmental, Social and Governance (ESG) di seluruh lini bisnis Indonesia.

Kategori :