Polresta Cirebon Gelar Binrohtal dan Penyuluhan Kamtibmas Terhadap Anggota Geng Motor

Kamis 01-08-2024,20:00 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Moh Junaedi

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Polresta Cirebon menggelar acara Bimbingan Rohani dan Mental (Binrohtal) di Masjid Syarif Hidayatullah Aspol Kaliwadas, Sumber, Kabupaten Cirebon, Kamis 1 Agustus 2024.

Kegiatan binrohtal ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Polsek jajaran Polresta Cirebon.

Kegiatan di Masjid Syarif Hidayatullah yang dipimpin KH Mufid dari Kemenag Kabupaten Cirebon tersebut diawali pembacaan asmaul husna, surat yasin, dan tausiyah.

Kemudian, dilanjutkan dengan pembinaan dan penyuluhan kamtibmas terhadap anak-anak yang terlibat geng motor di wilayah hukum Polresta Cirebon.

BACA JUGA:Dukung Sektor Pertanian di TMMD, Kodim 0620 Cirebon Luncurkan Program Pipanisasi 500 Meter di Desa Kubang

BACA JUGA:Menyingkap Akar Politik Paternalistik di Indonesia: Sebuah Tantangan Bagi Demokrasi

BACA JUGA:Sidang PK Saka Tatal Berakhir, Farhat Abbas dan Kliennya Bilang Begini, Apa Keputusannya?

Binrohtal yang dilaksanakan di Masjid Syarif Hidayatullah kali ini berbeda dengan Binrohtal rutin yang diselenggarakan setiap hari Kamis.

Pada Binrohtal kali ini sekaligus berisi tentang pembinaan spiritual dan penyuluhan Kamtibmas terhadap anak-anak yang terlibat geng motor di wilayah hukum Polresta Cirebon.

Yang terdiri dari penyuluhan akan bahaya narkoba dan obat-obatan terlarang, bahaya kekerasan anak dan bullying serta pentingnya mentaati peraturan dan keselamatan dalam berlalulintas.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni SIK SH MH mengatakan, kegiatan Binrohtal merupakan salah satu bentuk keseriusan dan perhatian pimpinan terhadap kesejahteraan spiritual dan mental seluruh personel Polresta Cirebon hingga Polsek jajaran.

BACA JUGA:Farhat Abbas: Ada Jebakan Batman pada Persidangan Saka Tatal

BACA JUGA:3 Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Kompleks Olahraga Bima Kota Cirebon, 3 Dinas Saling Lempar

BACA JUGA:Imbas SMAN 1 Cirebon Viral, Cabang Disdik X Jabar Larang Pertemuan Komite Sekolah untuk Sementara Ini

Selain itu terhadap anak-anak yang terlibat geng motor untuk menjadi sadar dan menyadari bahwa geng motor merupakan kegiatan yang negatif, sehingga anak-anak dapat kembali kepada kegiatan-kegiatan positif yang lebih bermanfaat.

"Kegiatan Binrohtal ini sekaligus menjadi momentum untuk memperkuat aspek spiritual dan mental anggota agar dapat menjalankan tugas sehari-hari dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme," ujar Kapolresta Cirebon.

Selain itu, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta mensyukuri rezeki dan nikmat yang diberikan.

Diharapkan, kegiatan tersebut membuat personel semakin memperoleh ketenangan batin, semangat juang yang tinggi, dan dapat melaksanakan tugas dengan baik.

BACA JUGA:Pemerhati Ekonomi Sosial Politik Pendiri Global Qur’an Foundation

BACA JUGA:Membiarkan Perkawinan Anak Terjadi, Bisa Dikenakan Hukuman Pidana

Kegiatan semacam itu dilaksanakan secara rutin sebagai bentuk dedikasi dan komitmen anggota kepolisian untuk menjaga keharmonisan dalam hubungan vertikal antara manusia dan Tuhan.

Sehingga dapat memperkuat keharmonisan internal dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

Binrohtal Polresta Cirebon juga digelar sebagai momentum yang sangat penting untuk memperkuat ikatan spiritual dan membangun kebersamaan di antara anggota kepolisian hingga ASN di lingkungan Polresta Cirebon.

BACA JUGA:Kebakaran di Kota Cirebon, Bengkel Tambal Ban Hangus Dilalap Api

"Melalui kegiatan ini, diharapkan akan lahir semangat positif dan kebersamaan yang dapat mempengaruhi kinerja anggota dalam menjalankan tugasnya.”

“Semoga tugas kepolisian yang selama ini dikerjakan menjadi amal jariyah untuk bekal di akhirat kelak," pungkasnya. (*)

Kategori :