UMMADA Hadir di Cirebon, Siap Menjadi Perguruan Tinggi Unggulan di Jabar

Sabtu 10-08-2024,15:00 WIB
Reporter : Abdullah
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan (UMMADA) Cirebon, secara resmi dilaunching.

Acara yang dihadiri berbagai elemen penting mulai dari unsur pemerintahan, pendidikan serta sejumlah tokoh bidang kesehatan khususnya di wilayah III Cirebon itu berlangsung meriah di Hotel Prima, Kota Cirebon, Jumat (9/8/2024) malam.

UMMADA bahkan digadang-gadang bakal bersaingan dalam mencetak lulusan mahasiswa terbaik dari berbagai prodi yang dimiliki.

Perwakilan UMMADA, yang awalnya   Ketua STIKes Ahmad Dahlan Cirebon, Hj Ruswati, Ners.M.Kep mengatakan, UMMADA Cirebon merupakan penggabungan dari tiga kampus  kesehatan di wilayah Cirebon.

BACA JUGA:Tambah 14 User Baru Per Menit, Berikut Sederet Fakta Menarik Soal BRImo

Ketiganya merupakan penggabungan dari STIKes Ahmad Dahlan Cirebon, STF Muhammadiyah Cirebon dan STIKes Muhammadiyah Cirebon.

Ruswati mengatakan, terbentuknya UMMADA sesuai SK Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Nomor 405/E/0/2024.

2

"UMMADA ini adalah gabungan dari kampus ketiganya. Dan Kota/Kabupaten Cirebon, merupakan satu dari lima Universitas hasil merger Perguruan Tinggi Muhammadiyah-’Aisyiyah (PTMA) di Indonesia," kata Ruswati.

Perwakilan UMMADA lainnya, yang sebelumnya Ketua STF Muhammadiyah Cirebon, Apt. Iin Indawati, M.Farm menerangkan, kedepan UMMADA berkomitmen bakal mencetak tenaga kesehatan yang handal dan kompeten.

BACA JUGA:Masyarakat dan Satgas TMMD di Desa Kubang, Diberi Suplemen untuk Kesehatan dan Stamina

Bahkan, dengan dihadapkan tantangan jaman yang kian maju maka para tenaga medis dituntut untuk bisa beradaptasi.

"Sejalan dengan komitmen itu, menuntut kami sebagai tenaga pendidikan untuk terus mengupgrade keilmuan. Itu sudah dilakukan  dengan mempersiapkan sejumlah dosen yang mumpuni," ungkapnya.

Ia menambahkan, UMMADA kini memiliki 14 prodi yang sebelumnya hanya 7 prodi saja dari tiga kampus. Hal itu, kata dia, sebagai bentuk kesiapan pihak kampus dalam menjawab tantangan jaman yang harus dipersiapkan sadari dini.

Sejumlah prodi yang tersedia meliputi, Profesi Ners, Profesi Kebidanan, S1 keperawatan, S1 Kebidanan, S1 Administrasi Rumah Sakit, S1 Manajemen, S1 Akutansi, S1 Farmasi, S1 Kesehatan Masyarakat, DIII Keperawatan, DIII Radiodiagnostik dan Radioterapi, DIII Fisioterapi.

BACA JUGA:Ribuan Warga Penasaran Sumpah Pocong Saka Tatal

Kategori :