101 Mahasiswa-Mahasiswi STIKes Ahmad Dahlan Cirebon Diwisuda di Aston Cirebon Hotel & Convention Center

101 Mahasiswa-Mahasiswi STIKes Ahmad Dahlan Cirebon Diwisuda di Aston Cirebon Hotel  & Convention Center

GELAR WISUDA : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Ahmad Dahlan Cirebon (ADC) kembali melaksanakan kegiatan wisuda yang ke-II pada tahun akademik 2022/2023 di ASTON Cirebon Hotel & Convention Center, hari ini (3/12).-JERRELL ZEFANYA T-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM  -  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Ahmad Dahlan Cirebon (ADC) kembali melaksanakan kegiatan wisuda yang ke-II pada tahun akademik 2022/2023. Setidaknya turut diwisuda total 101 mahasiswa-mahasiswi lulusan Prodi D3 Keperawatan yang mengambil tempat di ASTON Cirebon Hotel & Convention Center,  hari ini (3/12).

Dalam keterangannya, Ketua STIKes Ahmad Dahlan Cirebon (ADC), Ruswati Ners MKep mengatakan pihaknya atas nama STIKes ADC mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan-wisudawati serta orang tua/wali atas capaian prestasi pendidikan anak-anaknya hingga bisa lulus pada wisuda kali ini.


GELAR WISUDA : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Ahmad Dahlan Cirebon (ADC) kembali melaksanakan kegiatan wisuda yang ke-II pada tahun akademik 2022/2023 di ASTON Cirebon Hotel & Convention Center, hari ini (3/12).-JERRELL ZEFANYA T-radarcirebon.com

"Perjalanan tiga tahun ini tidaklah mudah. Kami memulai pembelajaran sejak September 2019 di kampus AKPER Muhammadiyah Cirebon yang kini berganti nama menjadi STIKes ADC. Dan kami bangga melihat anak didik kami telah menyelesaikan 115 SKS dan segala prasyarat lainnya," ujar Ruswati Ners MKep kepada awak media, hari ini (3/12).

Lebih lanjut, disampaikan juga para peserta didik telah mengikuti ujian kompetensi nasional Program Kependidikan Keperawatan Periode XXII/2022 dan dipastikan 101 mahasiswa lulus pada 2022 ini. Adapun, kata Ruswati Ners MKep, perolehan IPK rata-rata adalah 3,34 dengan lama studi 3 tahun ataupun 6 semester.

BACA JUGA:Ada Bamunas di Samadikun, Ternyata Membagikan Sembako Bergizi Menyambut Ulang Tahun Grage Mall ke 26

"Peraih predikat Magna Cumlaude dengan IPK 3,80 di raih oleh ananda Oneita Trieni dan wisudawan berprestasi pertama, sedangkan peraih predikat Cumlaude dengan IPK 3,75 di raih oleh Ananda Intan Tiara dan Fadhila Riefa Salsabila dengan predikat wisudawan berprestasi kedua dan ketiga," jelasnya.

Sebagai penambah bekal para perawat saat bekerja, pihak kampus juga membekali para calon perawat tersebut dengan kegiatan magang praktik di rumah sakit selama 4 minggu. Termasuk juga memberikan bekal dengan pelatihan Basic Trauma and Life Support (BTNCLS), serta pelatihan woundcare.

"Sehingga selain gelar AMd Kep, mereka juga memiliki hak gelar Certified Wound Care Clinician Associated (CWCC). Selain sesuai dengan visi kami, ini juga telah sesuai dengan UU Keperawatan yang mengizinkan perawat melakukan praktik mandiri keperawatan," terangnya.

Sementara itu, Ketua Majlis DIKTILITBANG PPM Prof Dr Chairil Anwar MPd yang juga turut hadir dalam kesempatan itu menyampaikan, sampai saat ini Muhammadiyah terus berupaya menghasilkan lulusan-lulusan terbaik yang mampu berperan, khususnya dalam bidang kesehatan.

BACA JUGA:Warga Kutagara Tewas Tertabrak Kereta Api Kargo

"Kita terus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM, red) untuk bisa melahirkan generasi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa. Termasuk juga melalui STIKes ADC ini kita merencanakan untuk penambahan 1 prodi lagi yakni S1 Keperawatan dan Profesi Nurs," ujar Chairil.

Masih di tempat yang sama, Kepala LLDIKTI Wilayah 4 Jabar dan Banten Dr M Samsuri SPd MT menyampaikan, pihaknya dari LLDIKTI terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di perguruan tinggi negeri ataupun swasta melalui pengembangan kompetensi yang ada.

"Melalui wisuda ini kita dapat lihat para mahasiswa yang siap untuk bekerja bagi negeri ini. Kita harapkan mutu pendidikan yang telah diberikan melalui STIKes ADC ini bisa bermanfaat dalam berbakti untuk negeri ini dalam bidang keperawatan," jelasnya.

Ketua PPNI Wilayah Provinsi Jawa Barat, Ridwan Setiawan SKp MKes juga menyampaikan, sampai saat ini kebutuhan perawat di Jawa Barat masih sangatlah tinggi. Sehingga, melalui wisuda STIKes ADC ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan yang diperlukan saat ini.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata Waterboom Terbaik di Kuningan Jawa Barat: Ada Kolam Renang Busa dan Kolam Ombak!

"Mereka sudah lulus dengan kompetensi yang baik. Kebutuhan memang sangat besar, apalagi kondisi pasca Covid-19 ini. Kita harapkan mereka bisa memenuhi kebutuhan perawat dan berbakti bagi negeri ini. Dan harapannya kualitas juga terus bisa ditingkatkan melalui sertifikasi dan lain sebagainya," terangnya.

Pada kesempatan tersebut juga turut hadir dari Koord BPH Jawa Barat Drs H Kosasih Natawijaya MPdI, Ketua PDM Kabupaten Cirebon Prof Dr Ahmad Dahlan MA, Ketua BPH STIKes Ahmad Dahlan Cirebon H Ahmad Muttaqin MAg MA Phd, dan jajaran pengurus PPNI Kabupaten dan Kota Cirebon.

Terpisah, Wisudawan Peringkat Pertama yang merah predikat Magna Cumlaude, Oneita Trieni mengatakan, dirinya merasa bangga bisa belajar dan menimba ilmu di STIKes Ahmad Dahlan Cirebon. Terlebih banyak dosen yang profesional yang bisa memberikan pengalaman sebelum menapaki dunia keperawatan. "Saya bangga bisa menjadi bagian dari STIKes Ahmad Dahlan Cirebon ini," lanjutnya.

Senada, Perwakilan Orang Tua dari Haifdz, Irianto Muh Akhmad SH menyampaikan, dirinya merasa tidak salah memilih sekolah untuk sang anak karena STIKes ADC memberikan hal-hal yang mumpuni sebelum sang anak memasuki dunia keperawatan. "Saya merasa tidak salah memilih. Apalagi kompetensi yang diberikan sudahlah cukup baik," tambahnya.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata Waterboom Terbaik di Kuningan Jawa Barat: Ada Kolam Renang Busa dan Kolam Ombak!

Sekadar informasi, sampai saat ini STIKes Ahmad Dahlan Cirebon juga telah membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 dengan masa pendaftaran sampai dengan September 2022. Penerimaan mahasiswa baru itu terbuka bagi program studi D3 Keperawatan dan S1 Administrasi Rumah Sakit.

Adapun sampai saat ini terdapat promo gratis Hafidz Al-Qur'an juz 30, Beasiswa Mahasiswa Berprestasi, hingga KIP Kuliah. Untuk pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui stikes-adc.ac.id. Serta informasi lebih lanjut dapat menghubungi 0895-20000-125.

BACA JUGA:Masih Bingung Cara Cek Spek Laptop Kamu? Berikut adalah Cara Termudah dan Paling Simple!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: