Dukung Program Pemerintah Perkuat Industri Lokal, Epson Resmikan Pabrik Proyektor Buatan Indonesia di Cikarang

Rabu 14-08-2024,15:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIKARANG, RADARCIREBON.COM — Dalam langkah bersejarah, Epson dengan bangga meresmikan lini produksi proyektor pertamanya di Indonesia, menandai babak baru dalam industri teknologi visual di tanah air.

Pabrik yang terletak di jantung industri Indonesia ini berlokasi di Kawasan Industri EJIP, Cikarang merupakan simbol kemajuan teknologi, sekaligus juga bukti nyata dari komitmen Epson untuk mendukung Industri Dalam Negeri dan Program Pemerintah dalam meningkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) Hal tersebut merupakan tonggak penting dalam perjalanan Epson untuk memperkuat kehadirannya di pasar Indonesia dan mendukung pengembangan teknologi lokal melalui Proyektor LCD Karya Anak Bangsa.

Peresmian ini juga ditandai dengan dimulainya produksi dan pengiriman pertama Proyektor LCD yang sepenuhnya dirancang dan diproduksi oleh talenta-talenta terbaik Indonesia.

Merupakan pencapaian besar yang menunjukkan komitmen Epson sebagai pemimpin pasar proyektor di Indonesia dan di Dunia dalam mendukung Industri Teknologi Nasional dengan menyediakan produk berkualitas tinggi untuk pasar domestik maupun internasional.

BACA JUGA:Kasus Vina Cirebon: 6 Terpidana Ajukan PK, Pengacara Singgung Kekhilafan Hakim

Pada persemian kali ini dihadiri oleh berbagai stakeholder Epson Takaso Tomoo selaku Executive Officer & Chief Operating Officer, Visual Product Operation Division, Seiko Epson Corporation, selanjutnya, Siew Jin Kiat selaku Regional Managing Epson Southeast Asia, kemudian Emile Pattiwael selaku Presiden Direktur PT Indonesia Epson Industry.

Turut serta menghadirkan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, yang diwakilkan oleh Bapak Ekko Harjanto selaku Asisten Deputi Koordinasi Bidang Perniagaan dan Industri, selanjutnya Kementerian Perindustrian Bapak Priyadi Arie Nugroho selaku Direktur Industri Elektronika dan Telematika (IET) serta Bapak Heru Kustanto Kepala Pusat Pengingkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) "Proyektor buatan Anak Bangsa ini adalah bukti nyata dari komitmen Kami untuk terus berinovasi dan mendukung pengembangan teknologi di Indonesia," ujar Ng Ngee Khiang, Managing Director dari Epson Indonesia. "Kami berharap dapat berkontribusi lebih banyak
lagi bagi kemajuan Industri Teknologi di Indonesia."

2

Senanda dengan ujaran diatas, Ekko Harjanto selaku Asisten Deputi Pengembangan Industri, Deputi V Bidang Kordinasi Perniagaan dan Industri Kementerian Kordinator Perekenomian Republik Indonesia mengatakan “Selamat kepada 56 sertifikat TKDN yang dimiliki oleh Epson, sebagai pioneer produksi penjualan ke berbagai Negara melalui prestasinya yang hingga kini dapat melakukan ekspansi distribusi secara langsung”. Ujarnya.

Pabrik baru ini dilengkapi dengan teknologi mutakhir yang memungkinkan peningkatan efisiensi produksi serta pengurangan dampak lingkungan. Dengan luas area mencapai sekitar 30.000 meter persegi, fasilitas ini mampu memproduksi berbagai produk inovatif Epson, termasuk proyektor, printer, scanner dan perangkat elektronik lainnya.

BACA JUGA:Sumbang Pajak 5,6 Triliun pada 2023, Pelindo Jadi Kontibutor Terbesar Klaster Logistik BUMN

“Kami mengapresiasi peran dan upaya Epson Indonesia dalam mengembangkan produk elektronika di dalam negeri, terutama produk printer dan proyektor LCD, yang sejalan dengan program peningkatan nilai tambah industri yang dicanangkan oleh pemerintah.

Kami juga berharap bahwa proyektor LCD buatan Epson dapat merambah ke pasar ekspor, selain tentunya untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, ujar Priyadi Arie Nugroho selaku Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, dalam pidatonya saat menghadiri peresmian pabrik proyektor di Cikarang, Jawa Barat.

“Ekspansi cepat sektor elektronik tidak hanya meningkatkan kapabilitas teknologi Indonesia, tetapi juga menciptakan lapangan kerja dan mednorong kemajuan di sektor Ekonomi”, pungkas Heru Kustanto selaku Kepala Pusat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).
Lebih dari 50 produk Epson meliputi printer, proyektor dan scanner telah memiliki sertifikat

Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang kedepannya akan terus bertambah. Epson telah menorehkan sejarah gemilang sebagai bagian tak terpisahkan dari kemajuan bangsa ini.

BACA JUGA:Jebolan UMK Academy Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Ramaikan Festival ESG Pertamedika IHC

Kategori :