Hati-Hati Saat Gunakan Internet dan Layanan Wifi Gratisan

Selasa 20-08-2024,07:00 WIB
Reporter : Rio Aji
Editor : Rio Aji

Menggunakan layanan wifi gratisan di kafe atau dimanapun memang memiliki resiko yang sangat besar.

Karena sebagian besar jaringan wifi yang gratisan tidak terenkrpsi, sehingga pencurian data hingga pembobolan no rekening bisa dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Beberapa peretas kerap beraksi melakukan pencurian data, membobol rekening dengan menggunakan layanan gratis yang berada di tempat-tempat umum seperti cafe dan mall, yang disitu banyak sekali orang-orang yang menggunakannya.

BACA JUGA:Gelar Program Keagamaan, DMI Apresiasi Kinerja Kapolres Cirebon Kota

Bahaya lainnya adalah saat perangkat anda menggunakan fasilitas internet gratisan adalah serangan malware, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika anda ingin menggunakan internet gratisan.

1. Pastikan lagi jika perangkat anda menggunakan vpn

Sekali lagi diingatkan VPN dapat membantu dan mengamankan koneksi anda pada saat anda menggunakan layanan wifi umum.

2. Periksa Sertifikat Keamanan

2

Pastikan kembali pada saat anda mengakses situs web internet, situs web yang anda kunjungi itu ditandai dengan ikon gembok hijau di bagian address bar.

3. Minimalkan Aktivitas

Pada saat berada di tempat umum dan berniat untuk menggunakan akses layanan wifi publik yang gratis hindari membuka informasi sensitif seperti melakukan transaksi pembelian atau pembayaran atau login ke akun penting.

BACA JUGA:Selama TMMD Mencatat Warga Belum Melapor Akta, KTP, KIA

Dengan mengikuti serangkaian tips-tips diatas, tentunya dapat meningkatkan keamanan saat anda beraktivitas menggunakan internet di tempat-tempat umum.

Ingatlah, pencegahan adalah kunci utama untuk melindungi data anda dari ancaman kejahatan teknologi internet yang dilakukan para oknum peretas yang tidak bertanggung jawab. (*)

Kategori :