Hati-Hati Saat Gunakan Internet dan Layanan Wifi Gratisan

Selasa 20-08-2024,07:00 WIB
Reporter : Rio Aji
Editor : Rio Aji

4. Hati-hati dengan tautan dan lampiran

Jangan sembarangan untuk mengklik tautan dan membuka lampiran yang mencurigakan, ketika anda sedang menggunakan internet, karena bisa jadi tautan dan lampiran yang dikirim merupakan ulah hacker.

BACA JUGA:Hari Jadi ke-79, Bey Machmudin Serukan Pesan Jabar Menyala untuk Indonesia Maju

5. Pergunakan kata sandi yang kuat

Pada saat membuat kata sandi untuk menggunakan internet, pastikan membuat kata sandi dengan sistem gabungan, gabungan bisa berupa huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol agar sulit ditebak dan dilacak.

Lalu hindari membuat kata sandi yang mudah ditebak seperti tanggal lahir dan nama hewan peliharran.

6. Aktifkan autentifikasi dua faktor

Pada saat membuat email untuk menggunakan teknologi internet, media sosial dan perbankan online gunakanlah lapisan keamanan ekstra dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor.

2

7. Perbarui perangkat lunak secara berkala

Pembaruan perangkat lunak biasanya berisi tambahan fitur keamanan untuk mengatasi celah yang dapat dimanfaatkan oleh para hacker untuk melakukan pencurian data melalui teknologi internet.

8. Hindari menggunakan layanan wifi publik yang tidak terenkripsi

Fasilitas wifi gratis yang berada di kafe atau tempat umum seringkali tidak aman. Jika anda terpaksa menggunakannya, hindari melakukan transaksi keuangan atau mengakses informasi yang sensitif.

BACA JUGA:Jadwal Pendaftaran CPNS 2024 Dimulai Hari Ini, PPPK Kapan?

Karena hal ini bisa dimanfaatkan oleh para hacker untuk mengambil keuntungan dengan menjebol nomor rekening dan mengasak sejumlah uang yang ada di rekening

Para hacker pun akan beraksi dengan mengambil sejumlah data milik anda yang sensitif yang tersimpan di laptop dan gadget anda.

Menggunakan Layanan Wifi Gratisan

Kategori :