Implementasikan Panel Surya, SMPN 7 Cirebon Pangkas 25 Persen Kebutuhan Listrik Bulanan

Jumat 23-08-2024,18:30 WIB
Reporter : Apridista S Ramdhani
Editor : Moh Junaedi

Di tahun 2021, SMPN 7 Kota Cirebon pun berhasil mendapatkan gelar Adiwiyata tingkat Provinsi. Kemudian di tahun 2023 mendapatkan Adiwiyata tingkat Nasional.

BACA JUGA:Pelindo Sosialisasi Gate Pass System di Pelabuhan Cirebon

BACA JUGA:Pelajar Cirebon Diduga Akan Ikut Demo, Kocar-kacir Dibubarkan Polisi

Bagai sebuah mimpi besar yang terwujud, di tahun tersebut SMPN 7 Kota Cirebon pun merasa bersyukur mendapatkan bantuan panel surya dari Pertamina Hulu Energi ONWJ.

Tepat di bulan November penyerahan panel surya tersebut dilakukan. "Ini menjadi mimpi besar kami yang terwujud tiba-tiba, kami merasa bersyukur karena ini bisa menjadi sebuah alat yang berguna dan menjadi sarana pembelajaran bagi siswa," ungkapnya.

Panel surya berkapasitas 3,3 Kwt (kilowatt) tersebut ditempatkan di ruang laboratorium.

Sejak dipasang, pemantauan kinerja panel surya ini pun turut dipantau oleh kader divisi energi yang berasal dari para siswa.

BACA JUGA:Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 Epson Terus Berkomitmen Bangga Karya Anak Bangsa

2

Tentunya tetap mendapatkan bimbingan dari Pertamina Hulu Energi ONWJ. Ini sangat berarti besar bagi sarana belajar para siswa khususnya para kader adiwiyata yang berasal dari 20 persen jumlah siswa.

"Mereka bisa melihat langsung bagaimana energi matahari bisa ditangkap oleh panel surya dan diubah menjadi energi listrik," ungkapnya.

Pemanfaatan panel surya ini telah mengakomodir kebutuhan listrik untuk lima ruangan mulai dari ruang perpustakaan, laboratorium IPA, ruang kelas, hingga toren air.

Bahkan pemanfaatan panel surya ini telah memangkas 25 persen biaya listrik bulanan di SMPN 7 Kota Cirebon.Tak ada kendala dalam penerapan panel surya hingga saat ini.

"Biasanya biaya listrik bulanan kami mencapai Rp8juta per bulan, setelah memanfaatkan panel surya tagihan listrik rata-rata hanya mencapai Rp6juta per bulan," ungkapnya.

BACA JUGA:Lucky Hakim Maju Pilkada Indramayu, Ketua Pemuda PUI Indramayu: Khawatir Nanti Mundur Lagi

Dengan penghematan energi ini menurutnya salah satu tujuan dari penggunaan panel surya telah tercapai.

Pada hakikatnya penghematan energi bertujuan untuk memanfaatkan limbah atau energi lain agar lebih bermanfaat dan menghemat pengeluaran.

Kategori :