Kemenag RI Buka Lowongan CPNS 2024 Hari Ini, 20 Ribu Formasi Disediakan, Nih Link Pendaftarannya!

Minggu 01-09-2024,09:00 WIB
Reporter : Moh Junaedi
Editor : Moh Junaedi

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Pendaftaran seleksi CPNS Kemenag RI dibuka mulai hari ini, Minggu 1 September sampai dengan 14 September 2024 mendatang.

Kemenag RI menyediakan 20.772 formasi CPNS. Termasuk untuk lulusan Ma'had Aly bisa ikut mendaftar. Disediakan sebanyak 5.915 dari total formasi.

BACA JUGA:Kasus Vina Cirebon segera Berakhir, Ahli Psikologi Forensik: Buka Ekstraksi Data Gawai Vina - Eky

BACA JUGA:Lawan Arab Saudi, Shin Tae-yong Pastikan Lini Belakang Timnas Indonesia Aman

BACA JUGA:Cegah Penyebaran Mpox, Berikut 5 Sumber Makanan dan Minuman yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

“Ini pertama kali. Tidak tanggung-tanggung kita siapkan lebih 25 persen dari total formasi CPNS Kemenag tahun ini untuk lulusan Ma’had Aly," terang Menteri Agamad Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Sabtu 31 Agustus 2024 kemarin.

2

Selain itu, juga disiapkan 418 formasi disabilitas, 559 formasi untuk putra dan putri Papua, 1.040 formasi bagi putra dan putri Kalimantan untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN), serta 138 formasi bagi lulusan terbaik atau cumlaude.

"Seleksi CPNS ini kita desain untuk Kemenag yang ramah disabilitas dan mendukung kemajuan IKN," tegas menteri  yang akrab disapa Gus Men itu.

BACA JUGA:BPIP Gaungkan Pancasila di atas Geladak KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992

BACA JUGA:Inilah Penyebab Kebakaran yang Melanda 3 Rumah di Desa Kertawinangun Kedawung Cirebon

Sekjen Kemenag M Ali Ramdhani merinci formasi yang disiapkan bagi lulusan Ma'had Aly. 

Rinciannya, sebanyak 3.714 adalah formasi Penghulu, 1.398 formasi Penyuluh Agama Islam, 12 Guru Ilmu Tafsir, 686 Pengawas Jaminan Produk Halal (PJPH), 71 Pentasih Al-Qur'an, dan 34 formasi Pengembang Tafsir Al-Qur'an.

Peserta yang berminat dapat mendaftar secara online dengan membuat akun melalui laman https://sscasn.bkn.go.id.

Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag Wawan Djunedi menambahkan, formasi Lulusan Terbaik, diperuntukkan bagi pelamar yang merupakan lulusan berpredikat “dengan pujian”/cumlaude dengan jenjang pendidikan paling rendah Sarjana (S-1). 

Kategori :