LP3I Kampus Cirebon Gelar Yudisium bagi 50 Mahasiswa D3 Manajemen Informatika

Senin 02-09-2024,11:00 WIB
Reporter : Khoirul Anwarudin
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM -  Politeknik LP3I Kampus Cirebon kembali menggelar Yudisium Kelulusan Diploma III bagi 50 mahasiswa Manajemen Informatika.  Kegiatan tersebut dilaksanakandi Grand Tryas Hotel Kota Cirebon pada Sabtu (31/8/2024).

Kepala Kampus Politeknik LP3I Cirebon Aris Armunanto SE Ak MM mengatakan bahwa pada Yudisium tahun ini, Politeknik LP3I Kampus Cirebon telah  meluluskan 50 lulusan dari Diploma III Prodi Manajemen Informatika. Dengan rincian, 40 mahasiswa dari konsentrasi bidang Administrasi Bisnis, 9 mahasiswa dari Akuntansi dan 1 mahasiswa dari Informatika Komputer.

"Alhamdulillah, dari 50 mahasiswa yang lulus, 42 persennya sudah bekerja dan 3 persen berwirausaha. Sementara sisanya sudah melakukan pemagangan di sejumlah perusahaan," Jelasnya.

Aris menjelaskan bahwa saat ini, bidang wirausaha menjadi bidang yang juga diminati oleh mahasiswa. Wirausaha menawarkan peluang yang menarik di tengah meningkatkannya badai PHK, imbas dari ketidakpastian kondisi perekonomian global.

BACA JUGA:Miliki Modal Kuat, Laba BRI Layak Dibagi Dalam Bentuk Dividen

"Bahkan ada mahasiswa kami yang sudah berhasil mencetak laba hingga Rp747 juta pada tahun 2023 dengan omset mencapai Rp1,5 miliar, " Kata Aris.

Hal itu, katanya, menunjukkan bahwa lulusan Politeknik LP3I Kampus Cirebon cukup fleksibel dalam menghadapi berbagai kondisi. Terlebih, pihaknya juga telah membekali mahasiswa dengan berbagai sertifikat kompetensi  yang dibutuhkan di dunia kerja dan industri.

Politeknik LP3I merupakan lembaga pendidikan yang menjadi pelopor link and match, yang menjembatani dunia akademik dengan dunia kerja dan industri. Mahasiswa Politeknik LP3I dibekali dengan sejumlah kompetensi yang relevan dengan kebutuhan perusahaan penerima kerja.

"Mahasiswa kami sudah dibekali dengan sertifikasi kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Tinggal bagaimana mereka mengoptimalkan kemampuan diri, baik dari segi softskill maupun hardskill," Jelasnya.

BACA JUGA:Pemilu Awal Radar Cirebon: Beres Unggul di Wilayah Ini

Dalam kesempatan tersebut, Politeknik LP3I Kampus Cirebon juga telah menjalin kerjasama dengan sejumlah mitra industri yang siap menampung lulusan, baik untuk program magang maupun untuk penempatan kerja. Sehingga ketika sudah dinyatakan lulus, mahasiswa Politeknik LP3I Kampus Cirebon akan langsung siap bekerja.

"Hari ini juga kami melakukan MoU dengan sejumlah perusahaan, untuk supaya lulusan kami bisa bekerja atau magang di perusahaan-perusahaan tersebut," Katanya. (awr/opl)

Kategori :